Di era teknologi sekarang ini,
dimana Pelanggan tidak lagi hanya berhubungan dengan Perusahaan tetapi juga
dengan sesama Pelanggan lainnya. Seorang Pelanggan yang kecewa bisa dengan
mudah mengungkapkan rasa kecewanya melalui tulisan di blog ataupun melalui
social media yang tentu saja akan cepat tersebar dan dilihat oleh Pelanggan dan
Calon Pelanggan lainnya. Hal ini tentunya sangat merugikan Perusahaan. Image
baik yang sudah melekat selama bertahun-tahun di sebuah Perusahaan mungkin saja
bisa tiba-tiba menjadi sangat buruk karena dirusak oleh hal-hal yang mungkin
dianggap sepele Perusahaan. Oleh karena itu, biasanya beberapa perusahaan besar
menjadikan hal ini sebagai prioritas utama.
Menjalin hubungan dengan pelanggan
tidak harus selalu berjualan. Batasilah percakapan dengan selalu menawarkan
produk/jasa Anda. Bicaralah mengenai hal-hal yang dapat memberikan manfaat dan
solusi untuk mereka. Pembicaraan yang bermanfaat dan memberikan solusi kepada
pelanggan, membuat pelanggan akan percaya dan melirik untuk membeli produk/jasa
anda.
Ingat! Pelanggan bukan hanya target
penjualan anda. Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan adalah lebih
penting dibanding menjadikan mereka target penjualan Anda. Jika hubungan kita
baik maka apapun yang kita tawarkan, mereka akan lebih membeli dari kita. Hal
ini mungkin biasa disebut dengan Relationship Marketing. Relationship Marketing
merupakan suatu praktik membangun hubungan jangka panjang yang memuaskan dengan
pihak-pihak seperti pelanggan, pemasok, dan penyalur untuk mempertahankan
preferensi dan bisnis Anda dalam jangka panjang.
Membangun hubungan pelanggan yang
benar-benar dekat, sehingga perusahaan mengetahui banyak hal mengenai
pelanggannya memang tidaklah mudah. Apalagi, kalau jumlah pelanggan tersebut
cukup banyak yang hampir tidak memungkinkan perusahaan memahami satu per satu
pelanggannya dengan baik dan lengkap.
Untuk itu, diperlukan suatu cara
yang tepat agar perusahaan dapat mengetahui pelanggannya secara lebih baik,
sehingga mampu melayani mereka dengan lebih baik pula. Salah satu cara menjalin
hubungan dengan Pelanggan tersebut adalah dengan membangun Customer
Relationship Management (CRM).
Biasanya CRM menyimpan informasi
Pelanggan dan merekam seluruh kontak yang terjadi antara Pelanggan dan
Perusahaan, serta membuat profil Pelanggan untuk staf Perusahaan yang
memerlukan informasi tentang Pelanggan tersebut. Secara umum CRM dapat
disimpulkan sebagai strategi dan usaha untuk menjalin hubungan dengan pelanggan
dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi Pelanggan.
Sumber : http://pengusahamuslim.com/pentingnya-menjalin-hubungan-dengan-pelanggan-1872/#.VHyNE5WUeSo