Sales (penjualan) sebagai wujud
konkrit dari sistem
Secara umum, sales (penjualan)
menjadi sebuah hal yang sangat krusial bagi perusahaan, sebab nilai
keuntungan/kerugian yang diperoleh dari sales (penjualan) produk menjadi sumber
yang membentuk nilai keseluruhan perusahaan.
Rumusnya: setiap perusahaan yang
menghasilkan volume sales (penjualan) tinggi atas sebuah produk akan
mendapatkan keuntungan finansial yang besar. Jika ini bisa dicapai, maka
perusahaan akan mendapat tambahan modal untuk beroperasi sekaligus mendapat
tambahan modal untuk melakukan berbagai macam kegiatan perusahaan.
Sales (penjualan) yang baik hanya
bisa terjadi bila sistem yang menopangnya mampu memberikan kerangka dasar yang
jelas dan terencana. Sebagai wujud konkrit dari sistem, sales (penjualan)
merupakan aktualisasi konsep-konsep yang telah dirancang melalui sistem.
Tanpa menyadari fungsi sistem dalam
menopang sales (penjualan), sebuah perusahaan takkan mampu untuk bersaing di
tengah pasar yang kejam dan penuh intrik. Karena itulah sistem sebagai sebuah
keseluruhan rancangan sales (penjualan) menjadi penting, tujuannya supaya
kegiatan sales (penjualan) lebih terarah, terkoordinasi, dan memiliki kerangka
kerja yang jelas.
Selain itu, penjual juga harus
memastikan bahwa produk yang ia jual mampu memenuhi kebutuhan yang diinginkan
oleh calon konsumen. Dari sini, sales (penjualan) yang terus menerus memberi
keuntungan bagi kedua pihak, baik bagi konsumen maupun bagi perusahaan.
Selanjutnya, sales (penjualan)
adalah juga soal bagaimana penjual dan pembeli saling berinteraksi, mengadakan
negosiasi, mencari informasi sekaligus mengadakan transaksi. Karena itulah
sales (penjualan) menjadi ujung tombak sebuah sistem perusahaan, utama sistem
yang dirancang untuk menopang kinerja pemasaran dan sales (penjualan)
sekaligus.
Karena interaksi menjadi sebuah hal
yang utama dan lumrah, seorang penjual harus mampu menguasai ketrampilan yang
diibutuhkan supaya produk bisa dijual dengan mudah dan tepat sasaran.
Sebelum berbicara lebih jauh
mengenai manajemen sales (penjualan), kiranya penting bagi kita untuk menilik
jawaban atas pertanyaan: apa sesungguhnya peran manajemen sales (penjualan).
Poin di bawah ini akan menjelaskannya.