Sales

Sales (penjualan) sebagai wujud konkrit dari sistem

Secara umum, sales (penjualan) menjadi sebuah hal yang sangat krusial bagi perusahaan, sebab nilai keuntungan/kerugian yang diperoleh dari sales (penjualan) produk menjadi sumber yang membentuk nilai keseluruhan perusahaan.

Rumusnya: setiap perusahaan yang menghasilkan volume sales (penjualan) tinggi atas sebuah produk akan mendapatkan keuntungan finansial yang besar. Jika ini bisa dicapai, maka perusahaan akan mendapat tambahan modal untuk beroperasi sekaligus mendapat tambahan modal untuk melakukan berbagai macam kegiatan perusahaan.

Sales (penjualan) yang baik hanya bisa terjadi bila sistem yang menopangnya mampu memberikan kerangka dasar yang jelas dan terencana. Sebagai wujud konkrit dari sistem, sales (penjualan) merupakan aktualisasi konsep-konsep yang telah dirancang melalui sistem.

Tanpa menyadari fungsi sistem dalam menopang sales (penjualan), sebuah perusahaan takkan mampu untuk bersaing di tengah pasar yang kejam dan penuh intrik. Karena itulah sistem sebagai sebuah keseluruhan rancangan sales (penjualan) menjadi penting, tujuannya supaya kegiatan sales (penjualan) lebih terarah, terkoordinasi, dan memiliki kerangka kerja yang jelas.

Selain itu, penjual juga harus memastikan bahwa produk yang ia jual mampu memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh calon konsumen. Dari sini, sales (penjualan) yang terus menerus memberi keuntungan bagi kedua pihak, baik bagi konsumen maupun bagi perusahaan.

Selanjutnya, sales (penjualan) adalah juga soal bagaimana penjual dan pembeli saling berinteraksi, mengadakan negosiasi, mencari informasi sekaligus mengadakan transaksi. Karena itulah sales (penjualan) menjadi ujung tombak sebuah sistem perusahaan, utama sistem yang dirancang untuk menopang kinerja pemasaran dan sales (penjualan) sekaligus.

Karena interaksi menjadi sebuah hal yang utama dan lumrah, seorang penjual harus mampu menguasai ketrampilan yang diibutuhkan supaya produk bisa dijual dengan mudah dan tepat sasaran.
Sebelum berbicara lebih jauh mengenai manajemen sales (penjualan), kiranya penting bagi kita untuk menilik jawaban atas pertanyaan: apa sesungguhnya peran manajemen sales (penjualan). Poin di bawah ini akan menjelaskannya.


Cari

Copyright Text