Manajemen sales (penjualan)
sebagai sebuah sistem
Berbicara mengenai sebuah sistem
tentu saja akan berbicara mengenai roda gigi yang menggerakan keseluruhan
struktur yang menopang sebuah bangunan. Analogi ini berguna untuk memetakan
sejumlah komponen yang diperlukan di dalam manajemen perusahaan.
Komponen-komponen yang
dikumpulkan akan menggerakkan struktur, menjadi dasar bagi pembentukan kerja
sales (penjualan). Sistem yang baik adalah sistem yang mampu beradaptasi
terhadap segala jenis perubahan yang terjadi di dalam ruang internal dan juga
ruang eksternal sebuah perusahaan.
Beberapa karakteristik sistem
penting untuk disebutkan di sini, melalui beberapa poin berikut ini:
• Adanya proses yang berlangsung terus menerus.
Keberlangsungan proses ini menjadi penting, terutama untuk mengelola segala
macam sumber daya yang tidak harus selalu berbentuk fisik. Sumber daya
non-fisik yang diperlukan untuk mengelola sistem terdiri dari kesetiaan
penjual, kesetiaan karyawan dan manajer, serta yang paling penting adalah
ketersediaan informasi. Semua ini berguna untuk membentuk sebuah sistem yang
bisa bekerja terus menerus.
• Sebuah sistem selalu memiliki bagian-bagian tertentu
yang membentuk satu kesatuan. Sistem memungkinkan orang-orang yang terlibat
dalam sales (penjualan) untuk melihat sesuatu dalam kacamata bulat, di mana
dari sana orang akan melihat peranan masing-masing bagian di dalam sistem dan
berusaha memahaminya untuk kemudian bekerja menurut sistem yang telah dirancang
sedemikian rupa.
•
Sistem memiliki karakteristik yang dinamis dan bisa
berubah karena banyak faktor. Kedinamisan ini muncul karena sistem dihidupi
oleh banyak individu yang hidup, berpikir, dan bergerak. Keseimbangan sistem
mutlak dibutuhkan supaya antara satu bagian dengan bagian yang lain bisa
disesuaikan.
•
Sistem selalu memiliki banyak sub-sistem yang saling
bekerja sama.
•
Sistem selalu berhubungan dengan kondisi eksternal,
atau lokasi di mana sebuah produk direncanakan untuk dijual di sana.