Manejemen Sales

Manajemen sales (penjualan) sebagai sebuah sistem

Berbicara mengenai sebuah sistem tentu saja akan berbicara mengenai roda gigi yang menggerakan keseluruhan struktur yang menopang sebuah bangunan. Analogi ini berguna untuk memetakan sejumlah komponen yang diperlukan di dalam manajemen perusahaan.

Komponen-komponen yang dikumpulkan akan menggerakkan struktur, menjadi dasar bagi pembentukan kerja sales (penjualan). Sistem yang baik adalah sistem yang mampu beradaptasi terhadap segala jenis perubahan yang terjadi di dalam ruang internal dan juga ruang eksternal sebuah perusahaan.

Beberapa karakteristik sistem penting untuk disebutkan di sini, melalui beberapa poin berikut ini:

     Adanya proses yang berlangsung terus menerus. Keberlangsungan proses ini menjadi penting, terutama untuk mengelola segala macam sumber daya yang tidak harus selalu berbentuk fisik. Sumber daya non-fisik yang diperlukan untuk mengelola sistem terdiri dari kesetiaan penjual, kesetiaan karyawan dan manajer, serta yang paling penting adalah ketersediaan informasi. Semua ini berguna untuk membentuk sebuah sistem yang bisa bekerja terus menerus.

   Sebuah sistem selalu memiliki bagian-bagian tertentu yang membentuk satu kesatuan. Sistem memungkinkan orang-orang yang terlibat dalam sales (penjualan) untuk melihat sesuatu dalam kacamata bulat, di mana dari sana orang akan melihat peranan masing-masing bagian di dalam sistem dan berusaha memahaminya untuk kemudian bekerja menurut sistem yang telah dirancang sedemikian rupa.

        Sistem memiliki karakteristik yang dinamis dan bisa berubah karena banyak faktor. Kedinamisan ini muncul karena sistem dihidupi oleh banyak individu yang hidup, berpikir, dan bergerak. Keseimbangan sistem mutlak dibutuhkan supaya antara satu bagian dengan bagian yang lain bisa disesuaikan.

        Sistem selalu memiliki banyak sub-sistem yang saling bekerja sama.
        Sistem selalu berhubungan dengan kondisi eksternal, atau lokasi di mana sebuah produk direncanakan untuk dijual di sana.


Cari

Copyright Text