Peran Manajemen Pemasaran

Sistem Pemasaran Berlangsung

Sistem atau pola pemasaran erat kaitannya dengan manajemen pemasaran. Karena keterkaitan macam itu, ada beberapa faktor yang saling berinteraksi dan pada saat bersamaan saling bergantung satu sama lain. Adapun faktor-faktor tersebut adalah :

1)      Produk tertentu (barang, ide, jasa, dan lain sebagainya) yang sedang/akan dipasarkan.
2)      Organisasi tertentu yang melaksanakan tugas terkait dengan pemasaran produk
3)   Para perantara perdagangan yang membantu mengelola arus barang/jasa. Mereka ini adalah agen pengangkutan, pedagang besar, pengecer, dan lain sebagainya.
4)      Pasar yang dituju oleh produsen.
5)  Demografi, teknologi dan persaingan dengan produsen lain, faktor budaya dan sosial, kondisi ekonomi, dan berbagai macam faktor lingkungan lainnya.

Sebagai sebuah sistem, pemasaran tergantung pada bagaimana keputusan manajerial diambil dengan mempertimbangkan kaitan antara kelima faktor di atas. Sebagai sebuah sistem, keberadaan lembaga tertentu yang melakukan tugas pemasaran produk mesti menyadari bahwa ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap bagaimana hubungan antara perusahaan dengan pasarnya akan berlangsung.

Peran Manajemen Pemasaran

Karena pemasaran merupakan proses manajerial dan sosial sekaligus, ada beberapa peranan penting di dalamnya, yang tidak hanya bertujuan untuk mengambil untung dari penjualan sebuah produk barang atau jasa, melainkan juga memnuhi kebutuhan konsumen melalui penawaran, permintaan, dan pertukaran nilai sebuah produk yang dihasilkan. Ada beberapa poin penting terkait dengan peran manajemen pemasaran :

1)     Permintaan : manajemen pemasaran berperan dalam menghitung akumulasi keinginan atau kebutuhan yang potensial untuk digarap sebagai ladang bisnis, misalnya : pendidikan, perumahan, makanan, dan lain sebagainya.
2)   Keinginan : manajemen pemasaran berperan dalam mengelola keinginan pada kondisi di mana ada permintaan yang spesifik, seperti : pendidikan tinggi, makanan bergizi, dan lain sebagainya.
3)    Kebutuhan : manajemen pemasaran berperan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia, misalnya : makan, minum, pendidikan, pakaian, dan lain sebagainya.

Karena peranan manajemen pemasaran yang tidak kecil, maka dalam lingkup tersebut dikenal beberapa istilah penting, seperti nilai (dibentuk dari perkiraan angka kepuasan konsumen), biaya (harga yang harus dibayar konsumen untuk sebuah produk), produk (ide, jasa, maupun barang konsumsi), pasar (tempat di mana orang melakukan transaksi), dan kepuasan (tingkat kepuasan konsumen terhadap sebuah produk).

Lambat laun, manajemen pemasaran berkembang dan menghasilkan beberapa konsep penting mengenainya, yakni :

1)      Konsep produk : inovasi, kinerja, kualitas yang diburu konsumen.
2)      Konsep produksi : produksi barang dalam jumlah banyak dan dengan harga murah.
3)  Konsep pemasaran berorientasi pada masyarakat : yakni konsep yang ikut memperhatikan kesejahteraan masyarakat.
4)      Konsep pemasaran : mengacu kepada aktivitas pemasaran yang terorganisir.
5)    Konsep penjualan : aktivitas promosi dan penjualan di mana terdapat laba yang yang diambil dari volume penjualan.

Cari

Copyright Text