Analisa Pemasaran

Pengambilan Keputusan terkait Pemasaran Produk

Dalam lingkungan perusahaan organisasi, biasanya orang tidak bisa menghindari situasi penuh ketidakpastian dan kompleksitas sistem yang bekerja di dalamnya, dan manajer pemasaran akan selalu berhadapn dengan hal-hal tersebut. Dalam sebuah sistem manajemen pemasaran, ada beberapa jenis keputusan yang harus diambil, dan biasanya terkait dengan penetapan harga, promosi, produk, dan distribusi.

Dilihat secara keseluruhan, banyak faktor seperti persaingan, kondisi budaya, perekonomian nasional, dan demografi yang turut berpengaruh dalam pengambilan keputusan. Meski demikian, kondisi inheren dan faktor-faktor tersebut biasanya berada di luar kekuasaan dan pengawasan manajer pemasaran.

Pengambilan keputusan tersebut tidak terlepas dari pengaruh faktor-faktor lingkungan ekstern seperti, demografi, kondisi perekonomian, kebudayaan, persaingan dan sebagainya. Semua ini berada diluar pengawasan manajer. Meski demikian, manajemen pemasaran mengisyaratkan beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengetahui dengan baik kondisi lapangan di mana produk jasa atau barang akan dijual. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah analisa.

Analisa Tradisional

Keputusan manajemen sebaiknya rasional, dengan proses pengambilan keputusan yang logis dan juga selaras. Untuk mencapai keputusan rasional, orang bisa menggunakan metode analisa tradisional sebagai pendekatannya. Setidaknya ada lima tahap yang terkait dengan metode tersebut, yakni :

1)   Pendefinisian masalah: Identifikasi masalah membantu untuk memetakan halangan dan hambatan tertentu. Identifikasi masalah akan membantu manajer pemasaran memiliki kesempatan awal dan mendapat arah yang benar dalam pemasaran produknya.
2)    Beberapa alternatif yang perlu dirumuskan: Menghadapi sebuah masalah pemasaran tentu menuntut manajer untuk menyiapkan berbagai alternatif cara untuk mendapat penyelesaian yang jitu.
3)   Analisis terhadap alternatif yang tersedia: Alternatif tentu saja harus dinilai, dan faktor-faktor yang diperlukan untuk menilai alternatif harus diatur rapi dan juga dikumpulkan. Beberapa faktor mungkin bisa diperoleh dengan mudah, semenatra beberapa yang lain terlalu mahal oleh karena itu tidak berguna. Dengan melakukan analisa terhadap alternatif yang ada, manajer pemasaran bisa mengambil kesimpulan untuk menentukan keburukan maupun kebaikan alternatif tertentu.
4)   Penyelesaian yang harus diusulkan: Ketiga tahapan di atas harus dilampaui, dan jika sudah, maka seorang manajer akan bisa menyarankan sebuah penyelesaian masalah yang logis.
5)     Rencana tindakan: Pengambilan keputusan juga terkait dengan rencana tindakan, yang dipakai untuk menentukan kapan keputusan tersebut bisa dilakukan. Dengan melakukan hal ini, orang bisa menemukan beberapa faktor penting yang bisa dimasukkan ke dalam analisa namun belum disadari betul fungsinya.



Cari

Copyright Text