Konsep Pemasaran

Konsep Pemasaran dan Kaitannya dengan Manajemen Pemasaran

Konsep pemasaran berhubungan secara langsung dengan filosofi pemasaran, di mana ini berkaitan erat dengan bagaimana sebuah produk atau jasa memberi kepuasan terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen/pembeli.

Dengan demikian, semua kegiatan perencanaan dan eksekusinya haruslah diarahkan untuk membuat tujuan ttersebut menjadi nyata. Meski orientasi pembeli menjadi sesuatu yang sulit ditebak, namun konsep ini perlu untuk dilaksanakan. Penjualan barang dan jasa bisa meningkat bila produsen:

1)      Memproduksi barang yang mudah dirawat
2)      Memproduksi barang yang mudah dibeli
3)      Dan memproduksi barang yang mudah digunakan

Ketiga cara di atas tentu merupakan filosofi yang sederhana, namun dalam banyak hal dapat menunjang keberhasilan bisnis yang telah direncanakan. Terdapat tiga elemen pokok dalam konsep pemasaran, yakni:

1)      Koordinasi dan integrasi
2)      Jumlah penjualan
3)      Dan orientasi pembeli/pasar/konsumen.

Dari ketiga pokok di atas, pembeli merupakan orientasi pertama, atau prioritas, dalam mata rantai pemasaran. Oleh karena itu konsep pemasaran harus mempraktikkan beberapa hal, termasuk:

1)     Memilih strategi yang terbaik. Strategi di sini bisa menitikberatkan pada beberapa hal, misalnya harga yang murah, kualitas produk mumpuni, atau model inovatif dan menarik.
2)  Penelitian konsumen harus dilakukan, gunanya untuk menafsirkan, menilai, sekaligus mengukur keinginan mereka.
3)      Menentukan produk yang dijual dan bagaimana merancang program pemasarannya.
4)      Menentukan kebutuhan pokok pembeli dan sasaran yang ingin dituju.

Secara filosofis bisa dibilang bahwa pemasaran menitikberatkan pada pemuasan kebutuhan konsumen, yang menjadi syarat sosial dan ekonomi yang pada gilirannya menopang hidup perusahaan secara keseluruhan.



Cari

Copyright Text