Manajemen Pemasaran

Definisi Manajemen Pemasaran

“Manajemen” merupakan sebuah kata, di mana perencanaan dan pelaksaan rencana yang telah disusun menjadi konsep krusial untuk dipahami. Dalam konsep manajemen, seseorang membutuhkan kemampuan untuk membuat rencana dan strategi, serta laku pembayangan atas apa yang perlu dilakukan untuk mengeksekusi rencana tersebut.

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, ada rencana jangka panjang yang biasanya membutuhkan waktu lebih lama dalam hal pengimplementasiannya. Pelaksanaan rencana manajerial dilakukan dengan cara mendelegasikan tugas kepada para bawahan yang dianggap mampu untuk melaksanakannya.

Ada tiga pokok tugas yang berkaitan dengan manajemen, yakni:
1)      Persiapan rencana, meliputi perancangan strategi umum yang berlaku bagi sebuah perusahaan.
2)      Pelaksanaan rencana
3)    Evaluasi yang diadakan dengan cara menganalisa dan mengawasi pelaksanaan rencana. Biasanya pada akhir waktu pelaksanaan rencana muncul sebuah laporan yang dipakai untuk mengukur kemungkinan penyimpangan rencana sekaligus mengukur hasil yang telah dicapai.

Dalam kaitannya dengan definisi manajemen seperti yang telah disampaikan di atas, kita bisa meletakkan manajemen pemasaran dalam makna tersendiri, yakni: kegiatan yang berkaitan dengan perencanaan, analisa program, pelaksanaan, dan fungsi pengawasan program-program yang telah dirancang sebelumnya.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai cara untuk menopang transaksi dengan calon pembeli di pasar yang dituju. Ketika menyusun rencana, fungsi analisa menjadi sangat penting, karena dengan analisa rencana bisa dibuat menjadi lebih tepat sasaran dan lebih matang.

Pada saat bersamaan, penting bagi para manajer pemasaran untuk berpikir mengenai penerapan rencana, yang intinya terkait dengan kegiatan macam apa yang dibutuhkan untuk menjalankan rencana tertentu. Sedangkan yang terakhir, yakni pengawasan, dibutuhkan untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang mungkin muncul ketika aktivitas berlangsung.



Cari

Copyright Text