Pemasaran

A.     Definisi Singkat mengenai Pemasaran.
Secara definitif, pemasaran diartikan sebagai pelaksanaan dunia usaha (bisnis) di mana komoditas yang terdiri dari jasa dan barang-barang diarahkan dari produsen ke konsumen. Definisi ini diajukan oleh American Marketing Association, dan tentu saja tidak cukup karena hanya menekankan aspek distribusi barang dan jasa ketimbang kegiatan pemasaran yang khusus.

Secara singkat, definisi dari American Marketing Association it tidak memberi gambaran yang lengkap tentang makna pemasaran, sehingga orang tidak paham fungsi-fungsi apa saja yang dicakup oleh konsep tersebut. Namun tentu saja makna pemasaran yang dirancang oleh American Marketing Association hanyalah satu definisi, dari sekian banyak definisi, tentang pemasaran yang bisa kita temukan.

Sementara kita telah mendapatkan sebuah definisi awal mengenai pemasaran, Philip Kotler mengartikan konsep tersebut dalam jangkauan yang lebih luas, yakni sebuah proses sosial yang meilbatkan kelompok dan individu, di mana mereka mendapat apa yang dibutuhkan dan diinginkan dengan cara mempertahankan produk dan nilai tertentu.

a.      Pemasaran dan Definisi Lain tentangnya

William J. Stanton yang mendefinisikan pemasaran sebagai sebuah sistem yang secara keseluruhan terdiri dari banyak kegiatan bisnis. Masing-masing kegiatan bertujuan untuk tidak hanya mendistribusikan barang dan jasa, melainkan juga mempromosikan, menentukan dan merencanakan harga. Barang dan jasa yang dijual dimaksudkan sebagai pemuas kebutuhan pembeli maupun calon pembeli potensial.

Selain definisi di atas, pemasaran juga terkait dengan proses managerial dan sosial di mana kelompok dan individu di dalamnya mendapatkan apa yang dibutuhkan dengan cara menciptakan produk, menawarkan, dan mengadakan transaksi pertukaran dengan pembeli.

Secara keseluruhan, konsep pemasaran dimaksudkan sebagai cara untuk menghasilkan laba yang diperoleh dari penjualan jasa dan barang yang telah diciptakan untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Sebuah perusahaan membutuhkan peran manajer pemasaran yang bertugas untuk melaksanakan dan memilih kegiatan pemasaran tertentu yang bisa membantu pencapaian tujuan (dalam hal ini, laba) yang diinginkan oleh organisasi. Sampai di sini kita akan bertemu dengan satu lagi konsep lain yang terintegrasi dengan konsep “pemasaran”, yakni “manajemen pemasaran”.



Cari

Copyright Text