Membangun Brand

Strategi Membangun Brand (merk) yang Kuat

Setelah membicarakan definsi strategi brand (merk) management, kini saatnya berbicara tentang bagaimana strategi membangun brand (merk) yang kuat dan terkenal. Hal pertama yang harus dilakukan dalam mengelola kualitas brand (merk) adalah membangun kerangka kerja guna menopang kinerja manajemen pemasaran.

Kerangka kerja pemasaran bentuknya bisa bermacam-macam, dan antara satu dengan yang lain bisa sangat berbeda kerangkanya. Meski demikian, salah satu landasan utama yang perlu diperhatikan adalah pembuatan kerangka kerja yang memanusiakan pelanggan.

‘Memanusiakan pelanggan’ artinya di sini adalah bahwa pelanggan harus dijadikan subjek dan bukan objek perusahaan.

Kerangka kerja manajemen pemasaran juga harus disusun berdasarkan visi dan tujuan yang berorientasi masa depan, dalam arti ia harus mampu merancang perencanaan yang akan membina hubungan jangka panjang dengan konsumen, sehingga mereka merasa puas, dan pada akhirnya juga akan memberikan kontribusi bagi kesejahteraan stakeholders.

Karena itu, pola pikir bagi penyusunan kerangka manajemen pemasaran harus berpijak pada tiga landasan kunci, yakni:

1)   Pergerakan yang menjadi tumpuan untuk menyelaraskan diri dengan dinamika permintaan yang terus berubah dan juga untuk menjawab persaingan dengan pihak lain.
2)     Kepedulian yang disertai dengan kepedulian yang utamanya diberikan dengan cara melakukan inovasi di bidang manajerial, jasa atau produk, dan juga di bidang strategi.
3)      Inovasi yang dilakukan di bidang manajerial dan strategi akan menghasilkan produk atau jasa yang sangat inovatif, dan ini merupakan sebuah proses yang memberikan nilai tambah. Kemampuan untuk berinovasi melalui sebuah brand (merk) akan memastikan kemunculan rasa puas pada pelanggan, yang pada gilirannya akan menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas jangka panjang.

Cari

Copyright Text