Brand Milik Perusahaan

Brand (merk) yang Dimiliki sebuah Perusahaan

Brand (merk) di permukaannya hanyalah berupa sebuah nama untuk membedakan sebuah produk dengan produk lainnya yang sejenis. Maksudnya, sebuah handphone ”ALS” yang dikeluarkan oleh perusahaan Y tentu saja memiliki perbedaan dengan handphone ”XYS” yang dikeluarkan oleh perusahaan H.

Seiring dengan perkembangan dunia bisnis dan managemen, brand (merk) bukan hanya berperan sebagai pembeda, melainkan juga sebuah simbol yang menopang citra perusahaan.

Secara rinci bisa disebut bahwa nama sebuah brand (merk) telah menjadi sarana bagi perusahaan untuk memelihara sekaligus mengembangkan loyalitas pelanggan. Sebagai sebuah pembeda antara satu kategori produk yang sejenis, brand (merk) menjadi sebuah simbol untuk mengidentifikasi jasa atau barang dari sebuah kelompok tertentu.

Pembeda yang dibawa sebuah brand (merk) bukan hanya nama, melainkan juga soal spesifikasi, kelebihan, dan juga fasilitas yang dibawa oleh merk tertentu. Nama yang melekat pada sebuah brand (merk) bisa berkembang kaidah-kaidahnya, yang umumnya dipengaruhi oleh perbahan eksternal maupun perubahan internal.

Brand (merk) adalah sebuah indikator nilai (value) di mana manfaat (get) yang didapat oleh pelanggan dibagi pengorbanan (give) yang diberikan oleh mereka. Singkat kata, harga yang harus dibayar menentukan kepantasan atau kualitas sebuah brand (merk).

Pada awalnya brand (merk) atau merek dagang hanyalah sebuah nama untuk membedakan, pada perkembangan selanjutnya brand (merk) bisa menjadi nama yang dianggap mewakili sebuah objek setelah itu brand (merk) dianggap sebagai simbol dan kemudian berkembang menjadi citra.

Brand (merk) merupakan sarana bagi perusahaan untuk mengembangkan dan memelihara loyalitas pelanggan.

Brand (merk) menurut AAker adalah nama dan atau simbol yang bersifat membedakan (seperti sebuah logo cap atau kemasan ) untuk mengidentifikasikan barang atau jasa dari seorang penjual atau kelompok penjual tertentu serta membedakannya dari barang atau jasa yang dihasilkan para pesaing (A.B. Susanto dan Himawan Wijanarko, 2004). Perkembangan brand (merk) selanjutnya dipengaruhi oleh perubahan internal maupun eksternal.

Brand (merk) adalah indicator value yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pelanggan. Brand (merk) merupakan asset yang menciptakan value dimana value sebagai total get atau semua manfaat yang didapat oleh pelanggan dibagi dengan total give atau semua pengorbanan yang diberikan oleh pelanggan. Jadi, rumusnya adalah: value = total get : total give.

Kita perlu merinci rumusan tersebut secara lebih lanjut. Pertama-tama total get bukan hanya sebuah istilah, melainkan sebuah dasar hitungan yang mencakup dua komponen, yakni:

a)      Manfaat emosional yang diperoleh pelanggan, berupa stimulasi perasaan dan emosi.
b)     Manfaat fungsional yang berkaitan langsung dengan fungsi-fungsi konkrit yang dimiliki atau dibawa oleh sebuah produk.
Sedangkan total give mencakup beberapa komponen, yakni:
a)      Harga yang harus dibayarkan seorang konsumen untuk sebuah produk dari brand (merk) tertentu.
b)  Dan biaya lain yang munckin muncul selama pelanggan mengkonsumsi dan juga menggunakan produk dari brand (merk) tertentu yang ia beli.

Kita telah melihat empat komponen utama yang secara intrinsik menentukan kekuatan sebuah brand (merk). Kesimpulan pertama, mereka yang sangat kuat merupakan nama yang secara emosional dan fungsional memiliki manfaat tertentu, yang oleh pihak lain dinilai melalui harga dan biaya lain yang harus ia bayar.

Sebuah brand (merk) haruslah mengasilkan rasio antara total give dan total get sebesar mungkin. Loyalitas dan kepuasan pelanggan diukur dari kualitas value yang ditawarkan oleh brand (merk) tertentu yang dirilis oleh sebuah perusahaan.

Fungsi lain dari brand (merk) yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan dapat dikenali melalui peranannya dalam membantu sebuah produk lepas dari sifat komoditas sebuah brand (merk), sehingga memungkinkan layanan atau produk terbesar dari aturan dasar kurva penawaran dan permintaan.

Singkat kata, brand (merk) yang menarik, dengan harga yang kuat, anda mendiskualifikasi pesaing yang mengeluarkan brand (merk) lain dari kategori barang yang sama.



Cari

Copyright Text