Manajemen Brand 2

Manajemen Brand (merk): Janji Perusahaan

Ketika anda menikmati sebuah iklan produk dari brand (merk) tertentu, anda akan membaca atau mendengar banyak janji yang diyakini inheren dalam sebuah produk. Misalnya, Smartphone yang memahami rutinitas keseharian anda. Dalam banyak hal, brand (merk) adalah sebuah janji juga, yang terucap dan tertulis melalui iklan dan sebuah kaul yang harus dipenuhi oleh produsen brand (merk) produk tersebut.

Tentu anda sudah paham bahwa membuat janji merupakan sebuah hal yang mudah, meski menjaga janji menjadi sebuah hal yang sulit. Salah satu fungsi utama sebuah brand (merk) – selain sebagai pembeda – adalah ia harus melaksanakan janji dan mengandung hal-ihwal yang dijanjikan oleh iklan yang terkait denagn produk tersebut.

Posisi strategis manajemen brand (merk) bisa dilihat, antara lain dari fungsi brand (merk) untuk pembeli. Ada beberapa fungsi brand (merk) yang berguna bagi pembeli/konsumen, di antaranya adalah:

1)   Mengurangi biaya pencarian karena konsumen bisa mengenal produk tertentu dengan cepat dan dengan hasil yang akurat.
2)      Mengurangi resiko yang dirasakan oleh kebanyakan pembeli. Misalnya: produk dengan brand (merk) AGY merupakan brand (merk) yang menjanjikan konsistensi dan kualitas.
3)    Mengurangi resiko psikologis dan sosial. Ini terkait dengan penggunaan dan kepemilihan produk yang salah, yang mudah dijumpai bila pembeli memilih brand (merk) yang salah. Brand (merk) yang bereputasi biasanya menyediakan imbal balik berupa keamanan psikologis karena brand (merk) itu telah memiliki prestis dan status yang mantap.

Sedangkan bagi penjual, sebuah brand (merk) memiliki beberapa fungsi, antara lain:

1)      Sebuah saluran untuk mengenalkan produk baru yang inovatif dan berbeda.
2)      Brand (merk) merupakan promosi yang efektif karena fokus yang dimilikinya.
3)      Kepemilikan harga premium sebuah produk yang tidak tergantung pada hukum dasar ekonomi.
4)      Mampu membentuk segmen pasar.
5)      Dan mampu membentuk loyalitas pada pelanggan atau konsumen.


Cari

Copyright Text