Strategi
Manajemen Brand (merk) : Sebuah Definisi
Di dalam dunia bisnis, posisi
strategis brand (merk) management ditempatkan dalam wilayah di mana strategi
berperan sebagai jenderal yang memberi komando dan memimpin pasukan. Sang
jenderal memimpin dengan maksud supaya pasukan yang dipimpinnya bisa memenangi
pertempuran di wilayah perang tertentu. Analogi semacam ini, jika diaplikasikan
di dunia bisnis, bisa dilihat dari posisi strategis CEO (Chef Execituve
Officers).
Para CEO adalah orang-orang yang
menjalankan perusahaan atau roda organisasi supaya mencapai tujuan yang telah
ditetapkan terlebih dulu. Jadi jelas bahwa sebuah brand (merk) yang dikeluarkan
oleh perusahaan merupakan bentuk konkrit dari misi, visi, dan tujuan yang ingin
dicapai sebuah perusahaan.
Lebih jauh lagi, strategi brand (merk)
management didefinisikan sebagai sebuah rencana yang terintegrasi, menyatu, dan
luas, yang dalam banyak hal memperhatikan juga kondisi lingkungan tempat di
perusahaan beroperasi.
Rancangan strategi dimaksudkan
supaya tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui kaidah-kaidah operasional
yang tepat. Dari definisi kedua ini, bisa dilihat bahwa strategi brand (merk)
management adalah sebuah kesatuan rencana yang terpadu, komprehensif, dan
menyeluruh, yang hasilnya diarahkan untuk mencapai tujuan perusahaan secara
keseluruhan.
Dalam perumusan strategi manajemen
brand (merk), dikenal tiga aktivitas penting, yakni implementasi strategi,
perumusan strategi, dan juga analisis strategi.
Definisi lain menyebut bahwa dalam
strategi manajemen brand (merk), keputusan manajerial dibutuhkan, selain
kegiatan-kegiatan yang menentukan keberhasilan brand (merk) tertentu sehingga
ia bisa lebih diterima oleh masyarakat luas. Karenanya dikenal tiga aktivitas,
yakni evaluasi, pelaksanaan/impelemntasi, dan perumusan/perencanaan strategi.
Dari beberapa definisi yang disebut
di atas, strategi brand (merk) management adalah soal bagaimana seorang
pemimpin memilih alternatif strategi terbaik bagi perusahaan dan juga
organisasi.
Alternatif strategi yang ada harus
mampu mendukung gerak usaha perusahaan secara terus menerus, dan dilihat secara
keseluruhan: harus fleksibel dan sesuai dengan tuntutan kondisi lingkungan yang
ditemukan di lapangan.
Karenanya bisa dibilang bahwa
strategi brand (merk) management sangat penting bagi sebuah perusahaan, karena
alasan berikut:
a) Berhubungan
dengan efektifitas dan efisiensi.
b) Sanggup
mengantisipasi segala jenis perubahan yang muncul.
c) Membantu
memikirkan kepentingan berbagai pihak.
d) Dan dalam
lingkup yang lebih luas: memberikan arah yang berguna bagi perusahaan.