Manajemen Brand

Strategi Manajemen Brand (merk) : Sebuah Definisi

Di dalam dunia bisnis, posisi strategis brand (merk) management ditempatkan dalam wilayah di mana strategi berperan sebagai jenderal yang memberi komando dan memimpin pasukan. Sang jenderal memimpin dengan maksud supaya pasukan yang dipimpinnya bisa memenangi pertempuran di wilayah perang tertentu. Analogi semacam ini, jika diaplikasikan di dunia bisnis, bisa dilihat dari posisi strategis CEO (Chef Execituve Officers).

Para CEO adalah orang-orang yang menjalankan perusahaan atau roda organisasi supaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dulu. Jadi jelas bahwa sebuah brand (merk) yang dikeluarkan oleh perusahaan merupakan bentuk konkrit dari misi, visi, dan tujuan yang ingin dicapai sebuah perusahaan.

Lebih jauh lagi, strategi brand (merk) management didefinisikan sebagai sebuah rencana yang terintegrasi, menyatu, dan luas, yang dalam banyak hal memperhatikan juga kondisi lingkungan tempat di perusahaan beroperasi.

Rancangan strategi dimaksudkan supaya tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui kaidah-kaidah operasional yang tepat. Dari definisi kedua ini, bisa dilihat bahwa strategi brand (merk) management adalah sebuah kesatuan rencana yang terpadu, komprehensif, dan menyeluruh, yang hasilnya diarahkan untuk mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan.

Dalam perumusan strategi manajemen brand (merk), dikenal tiga aktivitas penting, yakni implementasi strategi, perumusan strategi, dan juga analisis strategi.

Definisi lain menyebut bahwa dalam strategi manajemen brand (merk), keputusan manajerial dibutuhkan, selain kegiatan-kegiatan yang menentukan keberhasilan brand (merk) tertentu sehingga ia bisa lebih diterima oleh masyarakat luas. Karenanya dikenal tiga aktivitas, yakni evaluasi, pelaksanaan/impelemntasi, dan perumusan/perencanaan strategi.

Dari beberapa definisi yang disebut di atas, strategi brand (merk) management adalah soal bagaimana seorang pemimpin memilih alternatif strategi terbaik bagi perusahaan dan juga organisasi.

Alternatif strategi yang ada harus mampu mendukung gerak usaha perusahaan secara terus menerus, dan dilihat secara keseluruhan: harus fleksibel dan sesuai dengan tuntutan kondisi lingkungan yang ditemukan di lapangan.

Karenanya bisa dibilang bahwa strategi brand (merk) management sangat penting bagi sebuah perusahaan, karena alasan berikut:

a)      Berhubungan dengan efektifitas dan efisiensi.
b)      Sanggup mengantisipasi segala jenis perubahan yang muncul.
c)      Membantu memikirkan kepentingan berbagai pihak.
d)      Dan dalam lingkup yang lebih luas: memberikan arah yang berguna bagi perusahaan.



Cari

Copyright Text