Piridoksin (Vitamin B6)

Vitamin B6 atau Piridoksin adalah suatu vitamin yang larut air dan termasuk dalam golongan vitamin B kompleks. Piridoksal fosfat (PLP) adalah bentuk aktifnya dan merupakan kofaktor dalam berbagai reaksi metabolisme asam amino, termasuk diantaranya proses transaminasi, deaminasi, dan dekarboksilasi. PLP juga diperlukan dalam reaksi enzimatis yang mengatur proses pelepasan glukosa dari glikogen.

Piridoksin memiliki rumus molekul yaitu C8H11NO3 kemudian memiliki massa molar 169,18 g/mol dan memiliki titik lebur 159-162°C. Piridoksin sendiri ditemukan pada tahun 1934 dimana ditemukan saat meneliti kacang-kacangan. Hingga sekarang dapat diproduksi luas untuk masyarakat pada umumnya. Piridoksin merupakan vitamin B kompleks yang termasuk senyawa larut dalam air. Bersifat sebagai koenzim dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein yang nantinya menjadi energi yang digunakan tubuh untuk beraktivitas. Selain itu, metabolismenya juga menyangkut asam amino dan juga sistem imunitas. Sehingga membantu tubuh tetap prima dan tahan terhadap serangan penyakit. Vitamin B6 ini memiliki 6 jenis bentuk kimia dan tentu paling sering didapatkan pada sayuran.

Vitamin B6 penting untuk mempertahankan fungsi otak yang sehat, pembentukan sel darah merah, pemecahan protein, sintesa antibodi sebagai bagian dari system kekebalan tubuh. Dampak kekurangan vitamin B6 adalah terjadi pecah-pecah disudut bibir, kerusakan kulit, mudah mual-mual, lidah tidak kasar, mudah pening, anemi, mudah kena penyakit batu ginjal, terjadi sawan pada anak kecil. Orang yang mempunyai kadar vitamin B6 rendah, menunjukkan gejala seperti lemah, sifat lekas marah dan susah tidur. Selanjutnya gejala kegagalan pertumbuhan, kerusakan fungsi motorik dan sawan. Selain itu Vitamin B6 (piridoksin) juga memegang peranan penting pada metabolisme asam amino, jadi bila kekurangan vitamin B6 akan terjadi gangguan metabolisme protein sehingga mengganggu kerja otak dan susunan saraf.

Vitamin B6 juga mampu untuk membantu dalam memproduksi dopamine dan serotonin dalam tubuh dimana sangat dibutuhkan dalam komunikasi saraf. Sehingga dapat menjadi terapi bagi orang yang mengalami kelainan syaraf. Manfaat lain yaitu vitamin B6 dapat menurunkan resiko seseorang terserang penyakit jantung dan rheumatoid arthritis. Gagal jantung, stroke, jantung koroner juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi banyak vitamin B6 secara berkelanjutan. Selain itu ternyata mengkonsumsi vitamin B6 juga dapat digunakan untuk menangani masalah penuaan dini (antiaging).

Ada lima hal yang mengharuskan anda mengkonsumsi suplemen vitamin B6, yaitu :
  1. Jika anda menderita asma atau diabetes melitus.
  2. Mereka yang mempunyai masalah pada Jantung.
  3. Membantu pertumbuhan janin dalam kandungan.
  4. Vegetarian harus mengkonsumsi vitamin B6 karena mereka tidak cukup mendapatkannya dari sayur dan buah buahan.
  5. Jika anak anak tidak cukup mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein.
Sumber-sumber Vitamin B6 Terbaik

Sumber vitamin B6 terbaik bisa dari daging, unggas, ikan, dan telur. Sedangkan makanan lain seperti sereal, biji-bijian, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Perlu diketahui bahwa kebutuhan vitamin B6 per hari untuk wanita dan pria dewasa adalah 1,3 mcg, untuk lanjut usia 1,5-1,7 mcg, untuk wanita hamil menyusui 1,9-2,0 mcg. Untuk anak-anak 0,3-1,2 mcg sesuai usianya.

Paprika

Kandungan vitamin B6 pada paprika adalah 0,27 mcg setiap sajian 1 cangkir atau 92 gram. Paprika adalah salah satu dari keluarga tanaman solanaceae nightshade yang berarti serumpun dengan cabe, cabe rawit, terong, tomat dan kentang.
Lobak

Kandungan vitamin B6 pada lobak adalah 0,08 mcg setiap sajian 1 cangkir. Berarti dalam konsumsi maksimal 2 mcg sehari lobak telah memenuhi setidaknya 4% vitamin B6 pada tubuh Anda. Vitamin B6 ini juga merupakan nutrisi untuk mengkonversi protein menjadi bentuk yang lebih sederhana.
Bayam

Kandungan vitamin B6 pada bayam adalah 0,44 mcg setiap sajian 1 cangkir masak dengan takaran 180 gram bayam. Bayam sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, untuk penangkal radikal bebas, sebagai pembangun otot tubuh, menyehatkan saluran pencernaan, serta masih banyak mengandung nutrisi lainnya yang tentu juga bermanfaat untuk tubuh.
Ikan Tuna

Kandungan vitamin B6 pada ikan tuna adalah 1,18 mcg setiap empat ons ikan tuna. Ikan tuna banyak ditemukan di perairan Indonesia. Biasanya ikan tuna lebih banyak di ekspor ke luar negeri karena memang orang barat menyukai ikan ini. Ikan ini lebih populer di Eropa dibandingkan di Indonesia.
Ikan Cod

Kandungan vitamin B6 pada ikan cod adalah 0,52 mcg setiap empat ons ikan cod. Ikan ini bukan berasal dari Indonesia dan biasanya ditemui dalam bentuk instan berupa minyak ikan cod. Minyak ikan cod juga banyak mengandung omega-3 yang berfungsi dalam membantu proses tumbuh kembang otak.
Salmon

Kandungan vitamin B6 pada ikan salmon adalah 0,8 mcg setiap 3 ons ikan salmon. Dalam ikan salmon ternyata juga terdapat vitamin B lainnya seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12. Selain itu ikan salmon juga banyak mengandung vitamin A. Ikan ini hidup di air tawar dimana saat usia ikan ini masih berupa telur dan ikan muda. Saat dewasa ikan ini akan hidup di laut.
Sawi

Kandungan vitamin B6 pada sawi adalah 0,09 mcg setiap satu cangkir sawi. Manfaat sawi adalah sebagai pencegah terjadinya osteoporosis. Kemudian bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah diabetes. Sawi juga mengandung niasin dimana dapat menurunkan resiko seseorang terserang penyakit jantung. Mengkonsumsi sawi juga dapat membuat Anda terhindar dari anemia.
Asparagus

Kandungan vitamin B6 pada asparagus adalah 0,12 mcg dalam takaran 1 cangkir. Manfaat asparagus antara lain sebagai antikanker, kaya akan antioksidan, anti aging atau penunda penuaan dini, serta sebagai diuretik alami. Mengkonsumsi asparagus dengan banyak manfaat tentu akan mendatangkan kesehatan alami pada tubuh.
Brokoli

Kandungan vitamin B6 pada brokoli adalah 0,16 mcg dalam takaran 1 cangkir. Manfaat dari  brokoli sendiri adalah menurunkan kolesterol, membantu detoksifikasi, mengontrol kadar gula darah, banyak mengandung vitamin selain vitamin B6 sehingga mencegah tubuh kekurangan vitamin. Selain itu manfaat brokoli adalah mengurangi dampak alergi pada tubuh. Sayuran ini berwarna hijau cerah sehingga mengundang orang untuk memakan sayuran ini.
Tomat

Kandungan vitamin B6 pada tomat adalah 0,14 mcg setiap takaran 1 cangkir. Tomat ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan nafsu makan, mencegah kanker prostat, dan mengobati lemah syahwat. Selain itu manfaat tomat adalah sebagai antioksidan bahkan bisa sebagai terapi kecantikan yaitu menghilangkan jerawat serta komedo di wajah.

Sumber :





Cari

Copyright Text