Morfologi Mabouya multifasciata (italic)

Reptilia adalah vertebrata dengan kulit kering, tertutup oleh sisik-sisik atau papan-papan epidermal.  Tengkorak biasanya sedikit tertekan lateral, dengan sebuah kondil oksipital.  Sabuk-sabuk badan (girdle) tumbuh baik.  Tubuh kadal terbagi menjadi tiga bagian yaitu kepala (caput), badan (truncus) dan ekor (cauda).  Tubuh kadal ditutupi oleh kulit kering dengan sisik-sisik zat tanduk dipermukaannya tanpa adanya kelenjar-kelenjar lendir.

Species terbesar dari golongan kadal adalah Varanus komodoenis yang terdapat di pulau Komodo dan ujung barat Flores. Panjangnya sampai 4 m. Heloderma adalah jenis kadal yang beracun.

Kebanyakan Reptil adalah ovipar meskipun ada sebagian yang ovovivipar, penetas telur di uterus. Reptil jantan umumnya mempunyai muscular copulatori organ, penis, fertilisasinya internal. Telur diletakkan di daratan, tak pernah ada yang di air. Hal ini sebagai bukti bahwa Reptil mempunyai kemajuan. Reptil berdarah dingin (poikiloterm) yang berarti temperature badannya terpengeruh pada temperature lingkungan.

Kingdom
: Animalia
Phylum
: Chordata
Subphylum
: Vertebrata
Class
: Reptilia
Ordo
: Squamata
Subordo
: Lecertilia
Familia
: Scincidae
Genus
: Mabouya
Species
: Mabouya multifasciata

Kadal (Mobouya multifasciata) masuk dalam ordo Lacertilia (sauria) yang mempunyai cirri-ciri antara lain kuku panjang, tapi kurang dari 30 cm, kaki 4 buah yang kadang- kadang tereduksi atau hilang sama sekali. Mandibula menyatu di bagian anterior, tulang kuadrat berkontrak dengan pterigoid, sehingga terbukanya mulut terbatas (tidak seperti ular). Kelopak mata biasanya dapat digerakan. Kadal (Mabouya multifasciata) memiliki lidah yang ujungnya bercabang dan mengeluarkan kelenjar lidah,  bagian yang paling spektakuler dari system pencernaan reptile adalah lidah yang ujungnya bercabang.

Kadal merupakan hewan berkaki empat, kebanyakan hidup di atas tanah berumput, bebatuan, pepohonan, ada juga yang hidup di gurun pasir. Umumnya kulit mengkilap dan berwarna kehijauan sampai coklat. Kulit pada reptilia tidak berfungsi untuk pertukaran gas sehingga tidak ada percampuran darah dalam dan darah berasal dari luar. Fertilisasi reptil terjadi secara internal dan sebagian besar dari reptil bersifat ovovivipar dan telur berkembang di luar tubuh.

Tubuh kadal memanjang, tertekan lateral, berkaki empat, kuat dan dapat digunakan untuk memanjat. Mandibula bersatu di bagian anterior dan tulang pterigoid, berkontak dengan tulang kuadrat. Kelopak mata dapat digerakkan. Sabuk pectoral dapat berkembang baik dan mulut lengkap. Ekornya digunakan untuk keseimbangan gerak ketika berlari.

Subordo lacertilia pada bagian rahang bawah bersatu sehingga kadal kurang dapat membuka mulutnya. Hewan ini mempunyai dua pasang anggota badan yang bersifat pentadactil. Membran thympani tidak cembung dan celah auris external jelas terlihat. Palpebra superior dan inferior dapat digerakkan, juga membran nictitansnya.

Mabouya multifasciata mempunyai kemampuan bergenerasi pada bagian ujung ekor yang lepas. Hal ini terjadi jika ekor kadal dipegang, maka vertebrata ini akan melepaskan ekornya untuk melarikan diri.

Morfologi Mauboya multifasciata

Ciri-ciri morfologi dari kadal adalah bagian-bagian kadal dibagi menjadi empat yaitu kepala, leher, badan dan ekor. Pada bagian kepala terdapat hidung, mata,  mulut, pada mulut terdapat choana priver, dentes, palatum, choana sekunder, ostium tubuli auditif, faring rima glatis dan lingua titida pada kadal alat pendengaranya berupa membran timfani. Pada alat geraknya kadal mempunyai kaki empat dimana pada bagian depan terdiri dari branchium dibagian paling atas, ante branchium dibawah branchium, manus adalah telapak tangan dan digiti (jari-jari) terdapat 5 pasang. Pada tiap digiti terdapat cakar-cakar yang berfungsi untuk membunuh mangsa. Pada kaki bagian belakang terdiri dari femur, crus, pes dan digiti. Digiti pada bagian kaki depan dan belakang berbeda dimana perbedaanya terdapat pada ibu jarinya. Ekor pada kadal mempunyai panjang dua kali panjang tubuhnya. Sisik pada kadal bersifat halus dan mengkilat pada bagian belakng terdapat sisik sosmoid.

Morfologi pada Mabouya dibagi menjadi 4  bagian yaitu:
a)     Pada caput kadal terdapat organon visus (mata) yang dibatasi oleh palpebra superior dan palpebra inferior dapat ditemukan pada caput dan juga terdapat membran nictitans yang berwarna keputihan yang dapat menutupi seluruh mata. Selain kepala, bagian tubuh lain adalah truncus yang biasanya panjang dan konvek dimana pada bagian dorsalnya berwarna coklat kekuningan dan bagian ventralnya berwarna putih. Extrimitas anterior terdiri atas bracium (lengan atas), antebrancium (lengan bawah), dan korpus (tangan) dengan 5 digiti yang bercakar di ujungnya. Bagian tubuh yang lain adalah cauda (ekor) yang cukup kukuh, bersisik, bentuknya bulat panjang dengan panjang ekor dapat mencapai 2 kali panjang badan dan kepala. Bagian pangkal ekor tebal, makin ke caudal makin meruncing dan mudah putus.

Bagian kepala yang berbentuk pipih dan meruncing ke bagian ujungnya ini terlihat adanya cavum oris yang terbagi atas rahang atas dan rahang bawah yang membatasi bagian sisi mulut dan terdapat gigi halus yang sama bentuknya, tampak juga lidah kadal yang pendek dan tidak bercabang. Bagian luar atas rahang terdapat sepasang lubang hidung yang kecil terletak diujung moncongnya, dan terdapat lubang telinga luar dengan gendang pendengaran yang letaknya agak ke dalam. Mulut kadal dibatasi oleh pallatum malae atau langit-langit sekunder dan pallatun durum yaitu langit-langi keras.

Caput, merupakan bagian tubuh pada daerah anterior dimana bagian-bagian dari caput adalah sebagai berikut :

·       Rima oris terletak diantara anterior caput
·       Labium superior dan inverior
·      Organon visus, yang dilengkapi dengan adanya  palpebra superior dan inferior yang keduanya dapat digerakkan. Disamping itu dijumpai pula adanya membrane melintang disudut anterior orbita.
·       Sepasang nares anterior yang terletak diujung depan maksila.
·       Porus acusticus eksternum, terletak dibelakang mata.
b)     Truncus, berbentuk memanjang yang ditutup oleh sisik yang berbentuk heksagonal. Dijumpai adanya extrimitas (anggota badan bebas) yang terbagi atas ekstrimitas cranialis (posterior) badan yang terbentuk oleh; branchium, antribrancium, manus yang memiliki falcula (jari-jari) yang berjumlah 5 buah dibagaian anterior yaitu: poluks, socundus, medium, numulus dan minimus.sedang yang berada dibagian posterior berjumlah 3 yaitu: femur, crus, pes yang memiliki 5 buah digiti (jari-jari) bervakuola, yang nama jari-jarinya sama dengan ekstremitas anterior kecali yang ppertama disebut hallux.
c)      Serviks atau colum, yang dapat digerakkan.
d)     Caudal, berbentuk silindris panjangnya hampir dua kali panjang badan+kepala, pangkalnya tebal dan makin meruncing ke arah distal.


Bagian leher panjang dan berlanjut dengan badan, bagian leher ini hanya ditandai oleh adanya lekukan saja. Pada  bagian badan terdapat dua pasang alat gerak yaitu bagian anterior dan bagaian posterior. Pada bagian ventral terdapat lubang kloaka yang berbentuk celah melintang. Pada jenis kadal yang ditemukan di India (Uromastix), terdapat beberapa lubang preanofemoral yang terdapat pada bagian pangkal alat gerak bagian belakang. Bagian ekor berbentuk silindris, pada kadal panjangnya kurang lebih 2,5 kali panjang badan ditambah kepala.

Sumber : 



Cari

Copyright Text