Resume Biologi Radiasi Radiasi Mengakibatkan Kanker Kelenjar Tiroid (Lanjutan)


Bahan dan Materi

Materinya diambil dari data statistik, Daftar Morfologi-Klinis, Akademi Ilmu Kesehatan, Institute of Endocrinology and Metabolism Ukraina.

Metode :

Kasus pengidap PTC dipelajari dengan Analisis Patologis. Semua pasien yang dipelajari diberi informasi mengenai konsep penelitian yang akan dilakukan dan penelitian ini telah disesuaikan dengan ketentuan kode etik oleh Komite Kode Etik Lokal. Diagnosa patologis yang telah dibuat sudah disesuaikan dengan klasifikasi histologi  WHO. Selain itu sebagian besar kasus yang dianalisis menggunakan analisa patologis sudah ditinjau ulang oleh Dewan Patologi Internasional, yang terpancang pada kerangka proyek Tissue Bank. Diagnosis patologis dari karsinoma kelenjar tiroid telah dikonfirmasi pada semua kasus.

PTC juga telah dipelajari dengan menggunakan pendekatan biologi molekuler. Khususnya pada RNA Total (RNA yang telah dimurnikan/diektraksi dari suatu jaringan) di tumor kelenjar tiroid beku dan pada jaringan yang normal dari Chernobyl Tissue Bank. Kelompok yang dioperasi yang dimaksud adalah kelompok pasien terpilih yang berumur 21 ± 5 tahun. Dan kelompok periode laten yang berumur 14 ± 1 tahun.
Analisis RET/PTC yang digunakan menggunakan RT-PC. Kenapa digunakan metode real-time RT-PCR pada penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat ekspresi dari domain tirosin kinase (TK) dan ekstraseluler domain (EC) dari gen RET. Rasio TK/EC telah dihitung pada semua sampel yang dipelajari. Nilai TK/EC bernilai lebih tinggi daripada 2 kehadiran yang disarankan dari penataan ulang gen RET/PTC.

Hasil dan Diskusi

Hasil statistik menunjukkan bahwa terjadinya suatu epidemologi penyakit PTC ini di 6 daerah utara Ukraina yang letaknya sangat dekat dengan tempat terjadinya kecelakan nuklir di Chernobyl.



Analisis Patologis

Dari analisis patologis yang telah dilakukan dapat diketahui ternyata dari 91,2% dari kasus yang ada dari tahun 2006 – 2008 terdiagnosa adanya PTC. Sedangkan Folicular Tyroid Carsinoma terdeteksi kasusnya meningkat pada tahun 2006-2008 daripada analisis pada tahun 1990-1995, yaitu dari 3,0% menjadi 6,4%.

Sebuah analisa juga menyatakan bahwa terdapat suatu hubungan erat antara umur dan dependensi waktu terhadap terjadinya kasus PTC pada penderita kanker kelenjar tiroid. Seperti, Extrathyroid Tumor yang lebih sering terdeteksi pada anak-anak dibandingkan dengan remaja dan orang dewasa, yang pernah hidup di masa itu dan terpapar radiasi.

Studi Biologi Molekuler

Terdapat sekitar 15 isoform berbeda dari onkogen RET / PTC yang dijelaskan dalam banyak literatur hingga sekarang, tetapi yang paling umum di antaranya adalah RET/PTC1 dan RET/PTC3. Onkogen RET/PTC dan titik mutasi BRAFV600E yang telah diperiksa pada 35 kasus karasinoma papiler di Chernobyl, Ukraina, menunjukkan bahwa sebagian besar onkogen RET/PTC1 dan atau RET/PTC3 telah terdeteksi 12 dari 35 kasus (34,3%) PTC, salah satunya menunjukkan ekspresi secara simultan dari keduanya.

Ketika prevalensi dua jenis onkogen RET dianalisis, mereka menemukan bahwa RET/PTC3 lebih sering didapati daripada RET/PTC1 masing-masing: 8/35 (22,9%) vs 5/35 (14,3%). Secara umum, 18 dari 35 PTC (51,4​​%) kehadiran onkogen ulang RET / PTC terbukti. Secara umum, 18 dari 35 PTC (51,4​​%) adanya onkogen ulang RET / PTC terbukti.

Menurut beberapa sumber lain menyatakan bahwa karsinoma papiler BRAFpositive memiliki resiko yang lebih tinggi dari invasi extrathyroid dan metastasis kelenjar getah bening, stadium tumor yang lebih tinggi, serta pasien dengan karsinoma tersebut memiliki prognosis yang kurang menguntungkan. Namun, penelitian lain yang dilakukan pada PTC pasca Chernobyl tidak mengungkapkan asosiasi tersebut. Mungkin itu bisa jadi karena perbedaan usia pasien dan fakta bahwa agresivitas mutan BRAF meningkat seiring dengan usia pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada orang dewasa muda (usia rata-rata 21 tahun) memiliki prognosis untuk pasien dengan karsinoma papiler BRAF-positif yang lebih menguntungkan.

PENTING!!

  • Extrathyroid Tumor adalah tipe penyebaran pada tumor yang terindikasi terjadi diluar kelenjar tyroid, atau tumor ini menyebar ke organ ataupun ke kelenjar yang ada disekitarnya.
  • Latensi adalah keadaan di mana suatu penyakit ada yang di dalam tubuh, tetapi tidak aktif berkembang secara cepat atau menyebabkan terjadinya penyakit secara tertunda sebelum akhirnya terdeteksi dan terlihat secara kasat mata.
  • Metastasis adalah penyebaran penyakit kanker dari tempat awal terjadinya ke tempat lain atau ke kelenjar atau organ lain yang ada di dalam tubuh. Sel kanker dapat melepaskan diri dari tumor utama, masuk ke pembuluh darah, ikut bersirkulasi dalam aliran darah, dan tumbuh di jaringan normal yang jauh dari tumor asalnya.
  • Metastasis dapat terjadi lokal, regional atau jauh. "Lokal" bila berpindah ke daerah di sekitarnya, "regional" bila tumbuh di kelenjar getah bening di daerah yang masih menjadi regionalnya dan "jauh" jika menyebar sampai ke organ lain di luar wilayah regionalnya.
  • Prevalensi adalah seberapa sering terjadinya suatu penyakit pada sekelompok orang. Prevalensi dihitung dengan membagi jumlah orang yang memiliki penyakit atau kondisi dengan jumlah total orang dalam kelompok. Prevalensi metastasis regional : Seberapa sering terjadinya suatu metastasis secara regional terhadap sekelompok objek orang yang diteliti.
  • BRAF V600E adalah jenis onkogen dari kanker kelenjar tiroid yang paling menonjol pada suatu kasus PTC, karena sifatnya yang termasuk dalam kanker ganas.
  • Onkogen adalah gen dalam sel yang telah dimodifikasi sehingga memiliki sifat untuk melakukan suatu aktifitas sel secara berlebih sehingga dapat menjadi sel tersebut jadi sel tumor.
  • CTB (Chernobyl Tissue Bank) merupakan kerjasama internasional yang mengumpulkan, menyimpan dan menyebarkan sampel biologis dari tumor dan jaringan normal dari pasien yang terkena paparan radioiodine di masa kecil setelah kecelakaan di pembangkit listrik Chernobyl.
Sumber : 

Tronko, M., T. Bogdanova, L. Voskoboynyk, L. Zurnadzhy, V. Shpak, L. Gulak. 2010. Radiation Induced Thyroid Cancer : Fundamental and Applied Aspects. Experimental Oncology 32, 200-204, 2010 (September).

Cari

Copyright Text