Banyak cara untuk menjauhi kesuksesan,
salah satu caranya adalah menunda-nunda pekerjaan. Menunda-nunda bukanlah suatu
bakat atau keturunan yang diwariskan dari orang tua, tapi terlebih kepada suatu
kebiasaan yang dibentuk sendiri oleh setiap individu, tapi keluarga dan orang
sekitar memberikan kontribusi besar dalam pembentukan sifat ini didalam diri
kita.
Orang yang memiliki penyakit ini
biasanya memberikan alasan “saya tidak ada mood untuk melakukan ini sekarang”
atau “saya akan bekerja sangat baik saat mendekati dead line” atau “saya
bekerja sangat baik jika ada tekanan dari luar”.
Tiga jenis tipe penyakit ini:
1. Tipe
terburu-buru
Tipe ini adalah yang suka bekerja
diujung waktu dan beralasan kalau akan bekerja baik saat di ujung waktu. Tapi
pada faktanya, bekerja di akhir waktu akan menghasilkan kerja yang asal-asalan
dan banyak kesalahan. Suatu pekerjaan bisa menghasilkan hasil yang bagus jika
kita melakukan pengecekan ulang. Hasil yang maksimal juga tidak bisa kita
dapatkan pada saat kita bekerja dalam keadaan terburu-buru.
2. Tipe
penghindar
Tipe ini suka menunda
pekerjaankarena takut akan kegagalan atau bahkan takut akan kesuksesan.
Biasanya tipe seperti ini sangat takut untuk dinilai oleh orang lain. Mereka
takut jika orang melihat diri mereka gagal.Pada faktanya, kegagalan yang
sebenarnya adalah pada saat kita tidak mencoba atau berhenti mencoba.
3. Tipe
penunda keputusan
Tipe yang seperti ini menunda-nunda
dalam mengambil keputusan karena takut resiko yang akan didapat dari hasilk
eputusan ini.
Tips untuk menyembuhkan
penyakitini:
- Buatlah deadline yang realistis. Cobalah untuk
menyelesaikan target-target pada deadline ini. Setiap kali diri anda
mulai memberikan banyak alasan-alasan lagi, coba tepislah alasan-alasan
itu dan bekerjalah sekarang.
- Mulailah berolahraga secara rutin. Penundaan juga
disebabkan kurang segarnya badan yang menyebabkan kita merasa mengantuk
dan malas untuk bergerak. Denga nolahraga, metabolisme badan akan
meningkat dan badan terasa lebih segar untuk bekerja.
- Pecahkan tugas-tugas besar anda menjadi
tugas-tugas kecil dan berikan hadiah pada diri anda setiap anda
menyelesaikan tugas-tugas kecil itu. Jangan memberikan hadiah pada diri
anda sebelum tugas dikerjakan atau sebelum tugas selesai.
- Bekerjalah ditempat yang jauh dari gangguan. Jika
perlu matikan koneksi internet, tv dan hal-hal lain yang bisa mengganggu
konsentrasi anda
- Lihat lagi target-target anda dan buang
target-target yang kurang penting. Karena daftar target-target yang banyak
sering membuat diri anda takut dan menjadikan anda pesimis sebelum memulai
tugas.
- Motivasi diri anda bahwa anda mau berubah, bahwa
anda bisa mengerjakan tugas ini dan bahwatugas ini mudah.
- Persiapkan alat-alat penunjang tugas andas
elengkap mungkin sebelum anda mengerjakan tugas anda. Hal ini untuk
menghindar dari terpecahnya focus anda.
- Atur waktu minimal 30 menit untu kduduk dan
merencanakan tugas anda seefektif mungkin, sebelum anda mulai mengerjakan
tugas.
- Atur waktu yang paling efektif untuk bekerja.
Kebanyakan orang akan bekerja sangat bagus pada saat pagi hari, hal ini
dikarenakan badan masih kuat setelah beristirahat semalaman. Sehingga
pikiranpun bisa berkonsentrasi penuh.