Melakukan Analisa terhadap Kesempatan Pasar
Salah satu tugas yang diemban oleh manajemen pemasaran adalah
melakukan analisa terhadap kesempatan pasar. Ini menjadi hal yang sangat
penting karena perusahaan bisa menentukan tujuannya berdasarkan analisa ini.
Perusahaan harus melihat kesempatan yang berkembang dan ada,
dan bisa memulai usaha pemasaran dengan bergantung kepada sumber-sumber yang
tersedia di dalam perusahaan. Kesempatan pasar, pada saat bersamaan, bisa
dibedakan menjadi beberapa hal, yakni:
1)
Kesempatan
perusahaan yang merupakan kesempatan yang tersedia dan bisa dinikmati oleh
perusahaan tertentu. Biasanya ini dikarenakan sebuah perusahaan memiliki
keunggulan tertentu yang tidak dimiliki pesaingnya.
Keunggulan bisa datang dari apa saja,
termasuk kemampuan untuk menentukan harga dan biaya yang lebih rendah,
kemampuan untuk menggunakan banyak saluran distribusi yang lebih dari satu, dan
juga kemampuan untuk mempromosikan usaha yang secara lebih aktif dibandingkan
yang lain.
Kesempatan yang didapatkan oleh
perusahaan ini bisa muncul dan jadi senjata yang bagus dalam sebuah kondisi di
mana sebuah perusahaan sedang bersaing dengan yang lain.
2)
Kesempatan
lingkungan yang muncul bila ada kebutuhan tertentu yang belum bisa dipenuhi.
Ini biasanya berkaitan dengan perekonomian tertentu. Kesempatan bisa datang dan
biasanya dianggap sangat baik bila sebuah perusahaan mampu menyediakan
kebutuhan tertentu yang memang dimaui oleh pasar yang dituju.
Dalam banyak kasus, terkadang sebuah perusahaan hanya
mendapat kesempatan lingkungan, semenatra yang lain hanya mendapat kesempatan
perusahaan. Secara keseluruhan, pada lingkungan bisnis di mana persaingan
sangat ketat, yang paling baik adalah bisa sebuah perusahaan memiliki
kesempatan lingkungan dan kesempatan perusahaan sekaligus. Atau memiliki dua
jenis kesempatan dalam waktu bersamaan.
Manajemen Pemasaran dan Perencanaan pemasaran
Sebagaimana telah disebut di atas, perencanaan merupakan
salah satu tugas pokok pemasaran, yang diperlukan guna mengantisipasi berbagai
macam perubahan yang mungkin muncul di masa mendatang.
Tanpa perencanaan yang baik, sebuah perusahaan tidak akan
mampu memasarkan produknya dengan baik, dan malah akan melakukan cara-cara yang
cenderung melanggar etika, bahkan hukum, demi mempertahankan eksistensinya.
Secara umum perencanaan pemasaran dibagi menjadi dua jenis,
yakni perencanaan jangka panjang, dan juga perencanaan jangka pendek.
Pada perencanaan jangka panjang, waktu pelaksanaan rencana
bisa sampai 25 tahun, tergantung kebutuhan perusahaan. Biasanya perencanaan
jangka panjang akan melibatkan banyak orang yang memang memenuhi kualifikasi
top, atau orang-orang top di bidang perencanaan khusus. Dan biasanya pula,
masalah yang akan dihadapi sangat luas, meliputi perluasan produk, pasar, dan
pabrik sekaligus.
Sementara pada perencanaan jangka pendek, waktu eksekusi atau
pelaksanaan rencana biasanya berlangsung kurang dari satu tahun. Perencanaan
melibatkan oleh aktor atau pelaksana yang berada di tingkat menengah dan bawah
pada sebuah perusahaan. Kampanye periklanan, pembelian bahan baku untuk
produksi yang akan datang, dan lain sebagainya, merupakan deret masalah yang biasanya
ditangani oleh bagian perencanaan jangka pendek.
Orang juga tidak boleh melupakan bahwa ada tiga konsep
perencanaan yang mesti dipahami, yakni rencana keseluruhan perusahaan, rencana
pemasaran tahunan, dan perencanaan pemasaran.