Analisa, Manajemen, dan Perencanaan Pemasaran

Melakukan Analisa terhadap Kesempatan Pasar

Salah satu tugas yang diemban oleh manajemen pemasaran adalah melakukan analisa terhadap kesempatan pasar. Ini menjadi hal yang sangat penting karena perusahaan bisa menentukan tujuannya berdasarkan analisa ini.

Perusahaan harus melihat kesempatan yang berkembang dan ada, dan bisa memulai usaha pemasaran dengan bergantung kepada sumber-sumber yang tersedia di dalam perusahaan. Kesempatan pasar, pada saat bersamaan, bisa dibedakan menjadi beberapa hal, yakni:

1)      Kesempatan perusahaan yang merupakan kesempatan yang tersedia dan bisa dinikmati oleh perusahaan tertentu. Biasanya ini dikarenakan sebuah perusahaan memiliki keunggulan tertentu yang tidak dimiliki pesaingnya.

Keunggulan bisa datang dari apa saja, termasuk kemampuan untuk menentukan harga dan biaya yang lebih rendah, kemampuan untuk menggunakan banyak saluran distribusi yang lebih dari satu, dan juga kemampuan untuk mempromosikan usaha yang secara lebih aktif dibandingkan yang lain.

Kesempatan yang didapatkan oleh perusahaan ini bisa muncul dan jadi senjata yang bagus dalam sebuah kondisi di mana sebuah perusahaan sedang bersaing dengan yang lain.

2)      Kesempatan lingkungan yang muncul bila ada kebutuhan tertentu yang belum bisa dipenuhi. Ini biasanya berkaitan dengan perekonomian tertentu. Kesempatan bisa datang dan biasanya dianggap sangat baik bila sebuah perusahaan mampu menyediakan kebutuhan tertentu yang memang dimaui oleh pasar yang dituju.

Dalam banyak kasus, terkadang sebuah perusahaan hanya mendapat kesempatan lingkungan, semenatra yang lain hanya mendapat kesempatan perusahaan. Secara keseluruhan, pada lingkungan bisnis di mana persaingan sangat ketat, yang paling baik adalah bisa sebuah perusahaan memiliki kesempatan lingkungan dan kesempatan perusahaan sekaligus. Atau memiliki dua jenis kesempatan dalam waktu bersamaan.

Manajemen Pemasaran dan Perencanaan pemasaran

Sebagaimana telah disebut di atas, perencanaan merupakan salah satu tugas pokok pemasaran, yang diperlukan guna mengantisipasi berbagai macam perubahan yang mungkin muncul di masa mendatang.

Tanpa perencanaan yang baik, sebuah perusahaan tidak akan mampu memasarkan produknya dengan baik, dan malah akan melakukan cara-cara yang cenderung melanggar etika, bahkan hukum, demi mempertahankan eksistensinya.

Secara umum perencanaan pemasaran dibagi menjadi dua jenis, yakni perencanaan jangka panjang, dan juga perencanaan jangka pendek.

Pada perencanaan jangka panjang, waktu pelaksanaan rencana bisa sampai 25 tahun, tergantung kebutuhan perusahaan. Biasanya perencanaan jangka panjang akan melibatkan banyak orang yang memang memenuhi kualifikasi top, atau orang-orang top di bidang perencanaan khusus. Dan biasanya pula, masalah yang akan dihadapi sangat luas, meliputi perluasan produk, pasar, dan pabrik sekaligus.

Sementara pada perencanaan jangka pendek, waktu eksekusi atau pelaksanaan rencana biasanya berlangsung kurang dari satu tahun. Perencanaan melibatkan oleh aktor atau pelaksana yang berada di tingkat menengah dan bawah pada sebuah perusahaan. Kampanye periklanan, pembelian bahan baku untuk produksi yang akan datang, dan lain sebagainya, merupakan deret masalah yang biasanya ditangani oleh bagian perencanaan jangka pendek.

Orang juga tidak boleh melupakan bahwa ada tiga konsep perencanaan yang mesti dipahami, yakni rencana keseluruhan perusahaan, rencana pemasaran tahunan, dan perencanaan pemasaran.



Cari

Copyright Text