Jeruk Bali

Jeruk Bali

Citrus maxima (Burm.) Merr.

Sinonim

Citrus grandis (L.) Osbeck

Nama umum

Indonesia
: Jeruk bali, jeruk besar, jeruk endas (Jawa)
Inggris
: Pommelo, pummelo
Melayu
: Limau besar
Thailand
: Ma o
Pilipina
: Lukban, suha
Cina
: Dou you
Jepang
: Bontan

Klasifikasi

Kingdom
: Plantae
Subkingdom
: Tracheobionta
Super Divisi
: Spermatophyta
Divisi
: Magnoliophyta
Kelas
: Magnoliopsida
Sub Kelas
: Rosidae
Ordo
: Sapindales
Famili
: Rutaceae
Genus
: Citrus
Spesies
: Citrus maxima (Burm.) Merr.

Citrus maxima adalah tumbuhan menahun (perennial) dengan karakteristik tinggi pohon 5-15 meter. Batang tanaman agak kuat, garis tengah 10-30 meter, berkulit agak tebal, kulit bagian luar berwarna coklat kekuningan, bagian dalam berwarna kuning. Pohon jeruk mempunyai banyak cabang yang terletak saling berjauhan dan merunduk pada bagian ujungnya. Cabang yang masih muda bersudut dan berwarna hijau, namun lama-lama menjadi berbentuk bulat dan berwarna hijau tua. Tajuk pohon agak rendah dan tidak teratur.

Morfologi Tanaman

  1. Daun
Daun tanaman berbentuk bulat telur dan berukuran besar, dengan bagian puncak atau ujung tumpul dan bagian tepi hampir rata, serta bagian dekat ujung agak berombak. Letak daun terpencar dengan tangkai daun bersayap lebar, warna kekuningan, dan berbulu agak suram.

  1. Batang
Batang tanaman agak kuat, garis tengah 10-30 meter, berkulit agak tebal, kulit bagian luar berwarna coklat kekuningan, bagian dalam berwarna kuning. Pohon jeruk mempunyai banyak cabang yang terletak saling berjauhan dan merunduk pada bagian ujungnya. Cabang yang masih muda bersudut dan berwarna hijau, namun lama-lama menjadi berbentuk bulat dan berwarna hijau tua.

Tanaman citrus memiliki batang yang tergolong dalam batang berkayu ( lignosus ), yaitu batang yang biasanya keras dan kuat, karena sebagian besar terdiri dari kayu. Batangnya berbentuk bulat ( teres ), berduri ( spinosus ) pendek, kaku dan juga tajam. Selain itu arah tumbuh batangnya mengangguk ( nutans ), dimana batangnya tumbuh tegak lurus ke atas tetapi ujungnya lalu membengkok kembali ke bawah.

  1. Buah
Buah berukuran besar dan berkulit tebal, Buahnya berbentuk bulat atau bola yang tampak tertekan.

  1. Daging Buah
Warna daging buah merah muda atau merah jambu. Daging buah memiliki tekstur keras sampai lunak, rasa manis sampai sedikita asam, dan berbiji sedikit.

  1. Bunga
Bunga jeruk bali majemuk ( inflorescentia ), tersusun dalam malai yang keluar dari ketiak daun, bunga berbentuk bintang, diameter 1.5 – 2.5 cm, bunga berwarna putih, dan baunya harum.

  1. Akar
Akar tanaman jeruk merupakan akar tunggang.

Kandungan dan Manfaat Jeruk Bali

Jeruk bali memiliki beberapa kandungan, diantaranya Likopen, pectin, flavonoid dan vitamin c. Selain itu, memiliki beberapa kandungan kimia diantaranya :

Keterangan :
  1. glycocitrine-I
  2. 5-hydroxynoracronycine
  3. citrusinine-I
  4. 5-hydroxynoracronycine alcohol
  5. grandisine-I
  6. natsucitrine-II
  7. citracridone-III
Likopen

Likopen merupakan pigmen karotenoid yang membawa warna merah. Pigmen ini termasuk ke dalam golongan senyawa fitokimia yang mudah ditemui pada tomat, jeruk, dan buah-buahan lain yang berwarna merah. Selain itu, pigmen ini juga terdapat di dalam darah manusia, yaitu 0,5 mol/liter darah. Nama likopen diambil dari spesies tomat yaitu Solanum lycopersicum.

Likopen bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kanker, terutama kanker prostat. Sebagai anti radikal bebas, likopen dapat masuk ke dalam aliran darah lalu menangkap radikal bebas pada sel-sel tua dan memperbaiki sel-sel yang telah mengalami kerusakan. Struktur likopen sangat mendukung potensinya sebagai antioksidan. Struktur kimia likopen sangat berbeda dengan jenis karoteniod pada umumnya. Struktur likopen tidak dapat dikonversi menjadi vitamin A dan diketahui lebih efisien dalam menangkap radikal bebas dibandingkan dengan karetonoid lain. Jika bersinergi dengan β-karoten (provitamin A) yang banyak terdapat pada jeruk bali, likopen bisa berperan sebagai antioksidan. Likopen mempunyai rumus kimia C40H56 yang terdiri dari banyak ikatan rantai ganda yang saling berkonjugasi. Kandungan likopen pada jeruk bali cukup tinggi, yaitu 350 µg/100 g daging buah.

Aktivitas antioksidan likopen dua kali lebih kuat dibandingkan β-karoten dan sepuluh kali lipat lebih kuat dibandingkan vitamin E. Jadi reaksi likopen sebagai antioksidan di dalam tubuh lebih baik daripada vitamin A, C, E, maupun mineral lainnya. Selain itu, likopen diduga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas seks. Likopen diyakini dapat meningkatkan jumlah sperma, memperbaiki struktur sperma, dan meningkatkan agresivitasnya. Dengan demikian, likopen otomatis dapat meningkatkan fertilitas seorang pria. Likopen juga dilaporkan dapat mengatasi kanker lambung yang disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori. Kehadiran likopen sangat bermanfaat untuk menghambat oksidasi yang disebabkan oleh bakteri tersebut.

Pektin

Jeruk bali mengandung pektin jauh lebih banyak dibandingkan dengan jenis jeruk. Satu jus jeruk bali mengandung lebih dari 3,9% pektin. Setiap 15 gram pektin dapat menurunkan 10% tingkat kolesterol. Hal ini menunjukkan bahwa jeruk bali dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Flavonoid

Flavonoid merupakan senyawa polifenol yang terdapat pada teh, buah-buahan, sayuran, anggur, bir dan kecap. Aktivitas antioksidan flavonoid tergantung pada struktur molekulnya terutama gugus prenil (CH3)2C=CH-CH2-. Gugus prenil flavonoid dikembangkan untuk pencegahan atau terapi terhadap penyakit-penyakit yang diasosiasikan dengan radikal bebas.

Vitamin C/Asam askorbat

Kadar vitamin C pada jeruk bali adalah 43 mg/100 g daging buah. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang cukup baik. Vitamin C di dalam tubuh kan bersinergi dengan vitamin E, yaitu berperan sebagai antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas. Vitamin C dapat bersinergi dengan vitamin E dan mudah dioksidasi menjadi asam dehidroaskorbat. Dengan demikian maka vitamin C juga berperan dalam menghambat reaksi oksidasi yang berlebihan dalam tubuh dengan cara bertindak sebagai antioksidan.

Zat aktif pembersih darah

Jeruk bali dipercaya mengandung zat aktif yang dapat membersihkan sel darah merah yang telah tua di dalam tubuh dan menormalkan hematokrit, yaitu persentase sel darah per volume darah. Tingkat hematokrit normal pada wanita adalah 37-47 persen, sedangkan laki-laki 40-54 persen. Rendahnya hematokrit akan menyebabkan anemia, tetapi jika sangat tinggi dapat memicu penyakit jantung karena darah jadi mengental.

Kalium

Jeruk bali (gravefruit) merupakan sumber kalium, vitamin A (440 IU), bioflavonoid, dan likopen (350 ug/100g). Hasil penelitian, jeruk bali termasuk antikanker yang sekaligus menyehatkan prostat.

Manfaat Lain

  1. Membantu mencegah ISK
Minum banyak air dan jus cranberry adalah dua cara yang efektif alami untuk membantu mengatasi infeksi saluran kemih. Jeruk bali, dengan vitamin C juga dapat membantu memerangi peradangan umum selama kehamilan.tingkat keasaman di dalam urin dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada saluran kemih.

  1. Menyembuhan luka lebih cepat
Jika orang yang menjalani operasi, mandi dengan vitamin C yang kaya buah-buahan seperti jeruk bali dan buah jeruk lainnya. Vitamin C merupakan kofaktor enzim yang terlibat dalam pembentukan kolagen, protein yang memperkuat dan membuat kulit elastis mendorong penyembuhan luka lebih cepat.

  1. Meningkatkan kesehatan gigi dan gusi
Pendarahan gusi dan gigi lepas mungkin merupakan tanda kekurangan vitamin C. Kolagen tidak hanya penting dalam pembentukan kulit, tetapi juga dalam membangun kesehatan gigi dan gusi.

  1. Membantu mencegah anemia
Penemuan ilmiah telah menunjukkan bahwa vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.Itulah sebabnya yang terbaik adalah minum jus jeruk jika Anda mengonsumsi suplemen zat besi, atau makan brokoli atau vitamin C yang kaya sayuran dengan daging sehingga kedua nutrisi akan hadir di usus pada waktu yang sama.

  1. Membantu mencegah pilek dan flu
Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang memainkan bagian yang sangat penting dalam merangsang tindakan antibodi dan sel kekebalan yang menjaga tubuh terhadap penjajah seperti bakteri dan virus yang dapat menyebabkan masalah pernapasan.

  1. Membantu mengatur tingkat tekanan darah
Alasan lain yang baik untuk makan pomelo adalah karena kandungan kalium yang kaya. Sudah diketahui secara umum bahwa kalium membantu tingkat tekanan darah rendah. Alpukat, pisang dan jambu biji adalah beberapa buah buahan yang kaya mineral ini penting.

  1. Membantu mencegah osteoporosis
  2. Membantu mencegah kram kaki
Jika Anda pernah mengalami kram kaki itu mungkin berarti bahwa Anda butuh lebih banyak kalium.salah satu mineral yang memainkan peran penting dalam kontraksi otot dan transmisi syaraf.

  1. Meningkatkan keteraturan usus
Jeruk bali juga dikemas dengan serat, yang harus memiliki gizi untuk membantu menjaga buang air besar teratur, mencegah wasir dan bahkan kanker usus besar.

  1. Membantu penurunan berat badan
Apakah Anda tahu bahwa serat adalah teman untuk manajemen berat badan? Para ahli percaya bahwa makanan berserat paling tinggi tinggal di perut lebih lama mengakibatkan sensasi kenyang lebih lama, mereka juga membutuhkan lebih banyak waktu mengunyah memberikan tubuh lebih lama untuk merasa puas mengurangi risiko terlalu banyak makan.

Sumber :





News

Loading...
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Share It to Your Social Network

Cari

Memuat...

Copyright Text