Acanthemblemaria maria

Kingdom
Animalia 
Divisi
Chordata 
Subdivisi
Vertebrata 
Superclass
Osteichthyes 
Class
Subclass
Neopterygii            
Infraclass
Teleostei                         
Superorder
Order
Perciformes 
Suborder
Blennioidei 
Family
Chaenopsidae 
Genus
Species
Acanthemblemaria maria


Hewan  Acanthemblemaria  maria ini mempunyai nama umun yakni  Secretary Blenny dan tergolong ikan air laut.  Acanthemblemaria  maria ditemukan pertama kali di sekitar terumbu karang dangkal Kepulauan Bahama  sampai Tobago atau di  sebelah tenggara  Samudera  Atlantik. Nama  Acanthemblemaria maria sendiri  merupakan  nama yang diberikan oleh  J.E.Böhl  tahun 1961.

Hewan ini tergolong ikan dalam kelas Osteichthyes. Ikan-ikan dalam kelas ini banyak  hidup di daerah rawa-rawa, air tawar dah air laut. Sebagian jenis ikan dalam  kelas ini memiliki tulang keras, mulut dan lubang hidungnya ventral, celah-celah faring tertutup (tidak terlihat dari luar)dan jantungnya hanya memiliki satu ventrikel. Jantung beruang dua, darah  berwarna pucat, mengandung eritrosit yang berinti dan leukosit.

Jenis ikan bertulang sejati memiliki  gelembung renang yaitu kantong udara yang dapat digunakanuntuk mengubah daya apung dan sebagai alat bantu dalam bernafas. Sirip ekor mempunyai  panjang yang sama  pada bagian atas  dan bawah, kulitnya licin karena sekresi mukus oleh kelenjar pada kulit. Adanya gelembung renang bermanfaat saat tidak berenang  karena membantu untuk tidak tenggelam.  Sistem gurat sisi terdapat pada sisi  tubuh ikan, usus panjang  dan ramping menggulung, fertilisasi terjadi di luar lalu mengeluarkan telurnya atau bersifat ovipar.

Sistem  pencernaan pada ikan ini  merupakan serangkaian  jalur yang melalui berbagai organ  yaitu dimulai dari mulut, farink, esophagus, lambung, usus atau intestin lalu anus. Sedangkan untuk sistem  urogenital dibagi menjadi dua yaitu organ genitalia dan organ uropoetica.  Organ genitalia  terdiri dari gonad (kelenjar kelamin) yang dibedakan  menjadi jantan (testis), betina (ovarium) dan saluran keluar dari  gonad yang sangat pendek. Organuropoetica terdiri dari  mesonephros atau ginjal, ductus mesonephridicus atau ureter, dan vesica urinaria. Sistem Kardiovaskular yang diamati adalah cor atau jantung serta bagian-bagiannya yaitu sinus venosus, atrium, ventrikel, dan bulbus arterious. Alat pernapasannya adalah tutup insang (apparatus opercularis), serta bagian insang yaitu arcus branchialis, hemibranchia, holobranchialis, gill rackers. Sistem skeleton terdiri atas cranium (tengkorak), vertebrae (tulang belakang) yang dilengkapi dengan  spina atau duri, dan cauda atau ekor yang tersusun atas tulang sejati. Sistem Integument terdiri atas squama atau sisik. Squama mempunyai  beberapa tipe yaitu:  cycloid, ctenoid,  ganoid dan placoid.

Secretary  Blenny termasuk dalam kelas Actinopterygii. Actinopterygians adalah kelas dominan  vertebrata atau bertulang belakang, yang terdiri dari hampir 95% dari 25.000 spesies ikan.  Mereka di mana-mana di seluruh sungai maupun lautan dari hilir ke hulu. Ukurannya pun beragam dari yang terkecil Paedocypris  dengan ukuran panjangnya 8 milimeter,  dan Sunfish di samudera besar dengan bobot 2.300 kilogram , dan  Oarfish yang berbadan panjang, pa-ling tidak 11 meter (36 kaki).

Acanthemblemaria  maria  termasuk ke dalam  keluarga  Chaenopsidae yang terdiri  dari ikan bertulang pari.  Ikan dalam keluarga  ini tergolong ikan cabing  tombak.  Dalam keluarga  Chaenopsidae  terdiri dari 14 marga dan 90  spesies. Ikan-ikan  dalam keluarga  ini  dalam  penampilan  banyak yang seperti belut.  Namun, diantara spesies di keluarga  Chaenopsidaeada yang me-miliki duri di bagian punggung ikan.

Hewan Acanthemblemaria maria memiliki ukuran tubuh yang kecil. Panjang maksimalnya sekitar 5 sentimeter. Hewan ini termasuk ke dalam hewan  yang aneh  dan tergolong ikan purba.  Penampilannya yang  menyerupai batu karang dan berlumut  menjadikannya tidak mudah ditemukan oleh predator.

Secretary Blenny senang bersembunyi di lubang-lubang yang terdapat di karang. Ikan ini  menunggu plankton-plankton yang menjadi makanannya. Sesekali ikan ini menyembulkan kepalanya di antara lebatnya biota laut.

Gugusan  terumbu karang yang didiami oleh Secretary Blenny sebenarnya adalah kumpulan Cnidaria. Hewan ini akan menghasilkan kalsium karbonat yang nantinya akan membentuk koral-koral sebagai tempat tinggal hewan kecil atau ganggang.

Meskipun  tubuh dari ikan ini tertutup oleh lumut, tetapi tidak sedikit diantaranya  yang  berwarna-warni.  Saat  kepalanya  menyembul  keluar dari sarangnya, akan terlihat seperti koral biasa. Namun, ikan ini dapat dengan jelas dikenali karena bentuk kerangka rahangnya yang tajam dan matanya yang bergerak keseluruh penjuru.

Kebanyakan ikan akan bersembunyi dari orang yang melihatnya dari jarak dekat, tetapi berbeda dengan  Secretary Blenny yang tidak malu untuk menampakkan diri saat ada orang yang akan memotretnya.  Sering ikan ini terlihat berenang di sekeliling orang-orang yang memotretnya sejauh tidak mengganggu dan mengagetkannya.

Secretary Blenny hidup di lubang-lubang cacing laut yang sudah diting-galkan dan biasanya disebut oleh warga sekitar sebagai Blenny-Tube. Namun, ada pula yang tinggal di cangkang kerang kosong. Hewan-hewan lain yang hi-dup di karang  memakan mikroskopis dan sisa organik lain. Berbagai invertebrata, mikro organisme, dan ikan, hidup di antara karang dan ganggang. Herbivora seperti siput, landak laut, dan ikan Secretary Blenny menjadi mangsa hewan-hewan seperti gurita, bintang laut, dan ikan karnivora.

Secretary Blenny hidup di kedalaman air sekitar 5 sampai 25 feet atau sekitar 100 meter di bawah permukaan air laut. Kedalaman ini sering disebut daerah epipelagik. Di daerah ini  masih banyak flora laut yang masih bisa berfotosintesis. Biasanya banyak  diantara ikan-ikannya adalah jenis ikan eufotik atau ikan-ikan di dekat permukaan air laut.

Dalam pengetahuan, daerah bawah permukaan dibagi menjadi 3 zona yaitu permukaan air laut saat surut sampai kedalaman 100 meter yang disebut daerah epipelagik. Lalu ada daerah mesopelagik, yaitu kedalaman air laut antara 100 meter sampai 2000 meter. Sedangkan kedalaman 2000 meter sampai 4000 meter disebut sebagai daerah batialpelagik.

Hewan  Acanthemblemaria  maria dapat hidup  dalam air laut yang bersuhu antara 20°C-28°C. Biasanya saat suhu air laut meningkat atau justru menurun terjadi penurunan aktivitas dari ikan ini dan bahkan terjadi penurunan pro-duksivitas ikan. Hewan ini biasanya bermanfaat sebagai hewan hias atau hewan peliharaan. Namun, meskipun ikan ini termasuk dalam ikan air laut, ia dapat hidup dalam keadaan air payau

Sumber :












Cari

Copyright Text