RESUME Jurnal Botani Ekonomi


RESUME

Changes in esterified pectins during development in the flax stems and leaves

Perubahan – Perubahan dalam Esterifikasi Pektin Selama Masa Perkembangan Batang Jerami dan Daun

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apa saja yang terjadi dalam esterifikasi pektin selama masa perkembangan batang rami dan daunnya. Bahan yang digunakan adalah batang dan daun Jerami (Linun usitatissimum L) yang di panen dalam 4 tahap, yaitu pada masa Dormansi, masa pertumbuhan, masa pematangan, dan masa penuaan. Terdapat beberapa tahap yang digunakan dalam keberlangsungannya penelitian, yaitu Ekstraksi Pektin, Tes Gula, Kromatografi eksklusi bertekanan rendah, Menentukan komposisi gula ekstrak pektin, Analisa NMR, dan Analisa esterifikasi pektin. Hasilnya pada Tanaman rami terdiri dari batang pusat dengan dua sisi konsekuensi bantalan daun. Pada periode penuaan, batang yang rusak selama masa gugur dan mereka mengalami dehidrasi (kadar air hanya 45%) dan tampak seperti jerami tanpa daun. Rasio antara daun dan batang semakin menurun selama pertumbuhan, daunnya mewakili 66% dari berat tanaman pada tahap dormansi, dan mereka menghilang setelah periode pematangan. Berat batang meningkat 20 kali dari periode dormansi untuk masa pematangan satu. Hasil ekstraksi pektin telah diverifikasi bahwa kondisi asam dari ekstraksi sedikit terdegradasi oleh oligosakarida netral. Dengan demikian, dari larch arabinogalactans yang diinkubasi selama 30 menit pada 70°C pada 50mM HCl, kurang dari 0,5% (w/w) pada Ara dan Gal telah dibebaskan. Pada penghapusan terukur monosakarida netral ini tidak mengganggu analisis ekstrak asam larut selanjutnya. Hasil ekstraksi menurun setelah periode pertumbuhan rami. Penurunan jumlah pektin yang diekstrak dari batang sepanjang perkembangan, atas dasar berat keringnya, dapat dihasilkan melalui sintesis komponen lain seperti selulosa dan lignin dengan penuaan, atau pada persilangan dengan material dinding sel.

Pektin yang ada dalam batang dan daun pada tanaman yang sama dari jerami dapat memilki karakterisktik yang berbeda. Acid-soluble pektin jerami mengalami perubahan seiring perkembangan tanaman : pada batang, ukuran pektin yang disintesis meningkat seiring dengan penuaan tanaman, sedangkan evolusi pektin yang diekstrak pada daun lebih terbatas. Acid-soluble pektin pada batang dan daun menampilkan derajat kepentingan esterifikasi, yang dapat berubah dari waktu ke waktu.

Data yang diperroleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa inkubasi mild acid mengarah ke ekstraksi spesifik dari esterifikasi pektin yang tinggi  dari batang dan daun jerami sepanjang pembentukan. Namun, hanya sebagian kecil dari pektin saja yang diekstraksi sejak dinding sel dewasa jerami yang terdiri dari sekitar 26% bahan pectic, sedangkan pada periode penuaan, hanya 2% saja zat pectic yang dapat dilarutkan dalam penelitian ini. Tidak adanya kontrol sepertinya mengesampingkan berat cross-linked pektin. Kondisi yang digunakan sepertinya untuk mengekstrak pektin dari jaringan muda.

Sumber :

Bedouet, L., E. Denys, B. Courtois, J. Courtois. 2006. Changes in esterified pectins during development in the flax stems and leaves. Carbohydrate Polymers 65 (2006) 165-173.

Cari

Copyright Text