Ikan Badut Part 2

Kingdom
: Animalia
Filum
: Chordata
Kelas
: Actynopterigii
Ordo
: perciformes
Famili
: Pomacentridae
Genus
: Premnas
Spesies
: Premnas biaculeatus


Premnas biaculeatus merupakan ikan dari subfamili Amphiprioninae dalam famili Pomacentridae. Kini Sekitar dua puluh delapan spesies dikenali,salah satunya itu berada di genus Premnas, sementara sisanya di genus Amphiprion. Di alam bebas mereka membentuk hubungan simbiosis dengan anemon laut. Ikan badut berwarna kuning, jingga, kemerahan atau kehitaman.

Morfologi

Premnas biaculeatus ini merupakan jenis ikan yang berukuran kecil, maksimal dari ukuran mereka mencapai ukuran 10-15 cm. Hewan ini mempunyai warna yang cerah,tubuh lebar (tinggi) dan dilengkapi dengan mulut yang kecil. Binatang ini mempunyai sisik yang relatif besar dan sirip dorsal yang unik. Binatang ini juga mempunyai pola warna yang sering dijadikan cara dasar dalam proses identifikasi mereka, disamping bentuk giginya, kepala serta bentuk tubuhnya.

Habitat

Premnas biaculeatus banyak ditemukan di perairan dangkal menyala hangat,dan cerah serta dilindungi terumbu pesisir di daerah Indo-Australia ke utara di Quesland. Tidak seperti ikan-ikan yang lain Premnas biaculeatus ini justru lebih suka tinggal di anemone. Anemone merupakan sahabat terbaiknya. Untuk anemone  yang bagi jenis ikan lain beracun, tetapi bagi Primnas biaculeatus merupakan tempat berlindung yang aman dan nyaman. Premnas biaculeatus kerap dijumpai bersembunyi,berselimut,dan bercengkrama diantara tentakel-tentakel anemone yang beracun. Hidup bersama antar dua jenis makhluk hidup yang jauh berbeda ini sering dijadikan sebagai contoh dalam keharmonisan hidup berte-tangga.

Makanan

Ikan badut merupakan ikan omnivore (pemakan hewan dan tumbuhan),jadi selain invertebrate kecil (crustacean dan parasit yang melekat pada tubuh anemone) alga juga diketahui memenuhi 20-25 persen kebutuhan nutrisinya. Ikan ini lebih tepatnya biasa memakan zooplankton, udang-udangan dan alga yang dijumpai di habitatnya. Dengan begitu spesies ini akan lebih mudah mencari makan.


Transgender

Semua jenis ikan premnas biaculeatus  berjenis kelamin jantan ketika mereka lahir. Setelah dewasa, individu dominan akan berubah menjadi betina. Betina biasanya berukuran lebih besar dari pada jantan, dan akan menjadi pemimpin utama dari wilayah mereka.

Siklus hidup

Primnas biaculeatus ini hidup dalam satu anemone yang terdiri dari pasangan induk, beberapa ikan jantan muda, dan anakan ikan yang juga berkelamin jantan. Ketika betinanya mati, ikan jantan dominannya ini akan berubah kelamin menjadi betina dan akan mencari pasangan jantan,dan strategi ini sequential hermaphroditism (perubahan kelamin secara berurutan). Pada Saat musim pemijahan (sekitar bulan purnama), telurnya diletakkan  pada permukaan relative  datar dekat anemone mereka. Kedua induk menjaga telurnya dan mengipas telur mereka dengan air segar selama 6 sampai 10 hari. Biasanya penetasan terjadi saat malam hari, kurang lebih, 2 jam setelah matahari terbenam. Setelah menetas, bayi Premnas biaculeatus akan naik ke permukaan dan hidup dengan me-makan plankton. Setelah cukup besar, anakan ikan ini akan turun ke permukaan dan mencari anemone inang yang sesuai. Di sanalah, mereka akan mengikuti tahapan hirarkinya yang ada. Setelah tumbuh dari anakan menjadi remaja yang belum matang secara seksual, ikan ini akan masuk ke tahap berikutnya, yaitu mengembangkan alat-alat reproduksi yang jantan yang matang sebagai pasangan betina dominan.

Perilaku kawin

Berbeda dengan jenis ikan lainnya,perilaku kawin ikan ini menunjukkan sifat kebalikan. Apabila ikan lain, diperlukan beberapa betina untuk satu jantan, ikan ini justru satu betina memiliki beberapa jantan. Ikan-ikan ini diketahui bisa berubah kelamin. Selain itu merekapun memiliki hirarki sosial yang ketat. Dalam satu koloni ikan ini yang hidup dalam anemone biasanya terdiri dari satu betina dewasa yang dominan dan beberapa jantan yang berukuran lebih kecil,serta beberapa yang masih muda. Ikan-ikan muda ini semua berjenis kelamin jantan. Apabila si betina mati atau menhilang, jantan dewasa secara biologi akan berganti kelamin menjadi betina. Perubahan kelaminnya ini akan berlangsung selama dua minggu atau lebih. Kemudian jantan terbesar dan tertua yang ada di koloni tersebut akan menjadi pasangannya. Strategi demikian diketahui mampu mempertahankan kelanjutan keberadaan spesies ikan tersebut. Dalam hal ini jantan yang ditinggal mati betinanya.

Makanan


Cara melindungi diri

Seperti halnya penghuni laut lainnya, spesies ini juga sebenarnya tidak memiliki kemampuan untuk melawan racun dari anemone. Meskipun demikian mereka memiliki taktik yang jitu bagaimana mengatasi racun tersebut. Tentakel anemone dilapisi oleh lender yang memiliki kandungan tertentu untuk menjaganya dari sengatan tentakel yang lain atau tersengat oleh tentakel sendiri. Lendir inilah yang dimanfaatkan oleh Premnas biaculeatus. ini untuk melindungi badannya dari sengatan tentakel anemone. spesies ini dapat bertahan beberapa saat terhadap sengatan tentakel sebelum lumpuh. Mereka dengan cara menggosokkan badannya secara cepat pada tentakel, ikan ini dapat melumuri semua badannya dengan lender antisengat tentakel. Dalam waktu hanya satu jam bisa menyelimuti seluruh tubuhnya dengan lender antisengat tersebut,sehingga pada akhirnya dia akan kebal sama sekali terhadap sengatan tentakel. Jadi mereka akhirnya akan merasa aman bermain dan berada diantara tentakel anemone itu. Sedangkan pada malam hari, mereka tidur dengan berselimutkan tentakel-tentakel tersebut. Dengan begitu premnas biaculeatus ini akan merasakan cukup nyaman di tempatnya tinggal itu, tanpa harus merasa cemas atau khawatir diganggu oleh predator-predator yang siap memangsanya.

Sumber :




Cari

Copyright Text