FMIPA UNS Surakarta


Dunia perkuliahan adalah masa-masa peralihan yang sebenarnya. Masa-masa bagi remaja yang tumbuh menjadi dewasa. Banyak sekali pelajaran berharga yang timbul pada masa ini. Begitu banyak masalah-masalah kehidupan menuju kedewasaan yang menanti untuk dihadapi. Mulai kehidupan perkuliahan dalam pengaturan waktu dalam belajar, mengerjakan tugas, dan kegiatan organisasi, serta kehidupan sehari – hari. Kehidupan sehari – hari yang terlihat berat dihadapi adalah bagi para mahasiswa yang hidup pada kost. Jauh dari orangtua dan kehidupan masyarakat yang mungkin sama sekali baru. Masalah keuangan menjadi masalah manajemen pokok bagi para mahasiswa ini. Beruntung bagi mahasiswa yang memiliki rumah yang dekat dengan lingkungan kampus. Saya sendiri adalah seorang mahasiswa UNS Surakarta yang memiliki tempat tinggal tidak jauh dari lingkungan kampus, tepatnya 5,4 km dari kampus. Beruntung bagi saya karena masalah keuangan tidak menjadi masalah pokok dari kehidupan saya yang masih satu rumah dengan orang tua saya. Saya di kampus adalah seorang mahasiswa Jurusan Biologi yang masih berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) di Surakarta berdiri berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud tertanggal 1 Oktober 1996 No : 0297/O/1996 dan diresmikan pada tanggal 2 Mei 1997 yang terdiri dari empat jurusan, yaitu Matematika, Kimia, Biologi dan Fisika. Jurusan Matematika FMIPA UNS merupakan embrio berdirinya FMIPA UNS yang mulai dirintis sejak tahun 1982. Pada tahun 1986-1994 dirintis pula kerjasama antara UNS dengan International Development Project (IDP)-Australia dalam pengembangan ilmu-ilmu dasar khususnya Matematika, bentuk kerjasama yang pada waktu itu diberikan antara lain kegiatan technical assistance untuk proses belajar mengajar serta materi dan kurikulum untuk bidang matematika. Rintisan kerjasama inilah yang pada akhirnya dapat menjembatani berdirinya Program Studi Matematika di Jurusan Teknik Sipil UNS berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomor: 206/D2/1989 tanggal 26 Januari 1989. Selanjutnya pada tgl 12 Juli 1995 diusulkan kepada Dirjen Dikti tentang pendirian FMIPA UNS, yang pada akhirnya Mendikbud menerbitkan SK berdirinya FMIPA UNS tersebut. Pada tahun 1996 UNS memenangkan hibah DUE selama 5 tahun salah satunya untuk pengembangan FMIPA UNS. Program yang dilakukan adalah “staff development” atau studi lanjut (degree program), pengembangan laboratorium, program pengembangan kurikulum dan PBM.

Faktor yang mendorong berdirinya FMIPA UNS adalah adanya kenyataan bahwa dalam rangka peningkatan pelaksanaan pembangunan nasional diperlukan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS), yang berbasis pada ilmu-ilmu dasar (Basic Sciences) yang menjadi dasar pengembangan teknologi.

Meskipun FMIPA UNS umurnya paling muda dibandingkan dengan Fakultas lainnya di lingkungan UNS, namum dalam berbagai hibah penelitian kompetitif telah dimenangkan oleh para peneliti MIPA, meskipun prosentasenya masih kurang optimal. Di bidang penelitian telah dimenangkan hibah penelitian seperti Hibah Bersaing, Pekerti, Fundamental, Penelitian Dosen Muda, RUT (Riset Unggulan Terpadu) dan Hibah Insentif dari Menristek, TWAS, IPTEKDA, dan DCRG. ( Copyright © FMIPA UNS 2010 ).

Adapun Visi dan Misi yang dimiliki oleh Fakulatas MIPA UNS Surakarta :

Visi

FMIPA sebagai lembaga pendidikan ilmu dasar mempunyai visi menyiapkan tenaga terdidik yang mampu bersaing pada forum tingkat nasional maupun internasional dan menghasilkan produk penelitian ilmu dasar yang berguna bagi pengembangan IPTEK, pembangunan nasional dan pengembangan potensi wilayah Surakarta dan sekitarnya.

Misi

Dengan berlandaskan pada visi tersebut maka misi FMIPA UNS dapat dirumuskan sebagai berikut :
  • Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa mandiri, mempunyai integritas dan kepribadian yang tinggi, bersikap terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan serta masalah yang dihadapi masyarakat khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.
  • Menghasilkan sarjana sains yang menguasai pengetahuan, dasar-dasar ilmiah dan metodologi bidang ke-MIPA-an.
  • Menghasilkan sarjana sains sebagai ilmuwan yang berkemampuan menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara menyelesaikan masalah yang ada pada bidangnya.
  • Menghasilkan sarjana sains yang berkemampuan berfikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuwan dalam mengikuti perkembangan IPTEK sesuai dengan bidangnya.

Sumber :


Cari

Copyright Text